OVO PayLater Cicilan Tanpa Kartu Kredit Online (Pengalaman 2019)

  • June 3, 2019

OVO PayLater adalah cicilan tanpa kartu kredit dengan limit pinjaman yang bisa digunakan belanja di Tokopedia dan gerai kerjasama OVO. Apa itu Pay Later ? Bagaimana cara daftar OVO PayLater dan berapa besar bunga cicilan PayLater OVO ? Bagus mana dengan pinjaman online ? Apakah menguntungkan atau malah rugi transaksi dengan OVO PayLater. Saya review pengalaman menggunakan alat pembayaran ini di awal 2019 dan pengalaman daftar langsung di aplikasi OVO dan lewat Tokopedia.

Sudah lama saya menggunakan OVO e-money, salah satunya karena moda ojek online yang pembayaran paling mudah dengan OVO. Transaksi saya di Tokopedia biasa saya bayar juga dengan OVO.

Baru – baru ini, saya baca bahwa OVO meluncurkan produk baru, yaitu OVO PayLater.

Apa itu OVO PayLater ?

Saya cek di aplikasi, ternyata sudah ada fitur PayLater. Terjemahan bebasnya adalah ‘bayar nanti’, tetapi bagaimana cara kerja sebenarnya, cara memakainya, saya belum tahu secara pasti.

Kegunaan OVO PayLater

Daftar OVO PayLater
Daftar OVO PayLater

OVO PayLater adalah fasilitas cicilan tanpa kartu kredit.  OVO PayLater hadir dalam bentuk Kredit Limit yang dapat kita gunakan untuk melakukan transaksi pada Situs/Aplikasi Tokopedia dan tempat kerjasama OVO lainnya.

Singkat kata, fitur ini memberikan kesempatan pemakai OVO untuk mengutang dengan mencicil karena bisa beli sekarang dengan pembayaran nanti saat jatuh tempo sesuai tenor.

Paylater memberikan pilihan tenor:

  • 3 bulan
  • 6 bulan
  • 12  bulan.

Salah satu yang menarik adalah OVO PayLater bisa digunakan sebagai alat pembayaran di Tokopedia. Artinya, jika ingin membayar dengan cicilan tanpa kartu kredit di e-commerce Tokopedia saya bisa menggunakan OVO Paylater.

Apakah semua pemilik aplikasi OVO pasti langsung mendapatkan fitur Paylater di aplikasi?

Tampaknya tidak.

Saya mendapatkan OVO PayLater di aplikasi dan fitur ini bisa langsung digunakan. Sementara, teman saya yang juga muncul fitur Paylater di aplikasi, tetapi saat di klik, OVO menyampaikan pesan bahwa fitur Paylater belum bisa digunakan untuk saat ini.

Jadi, pihak OVO memiliki kriteria tertentu dalam memberikan fitur Paylater ke masing – masing pengguna. Tidak semua konsumen OVO otomatis fitur Paylater aktif.

Salah satu kriteria yang saya baca adalah OVO PayLater baru tersedia untuk pengguna di daerah Jakarta, Bogor, Depok, Tangerang, Bekasi, Bandung, dan Surabaya dengan umur akun minimal 6 (enam) bulan.

Cara Daftar OVO Paylater

Daftar OVO PayLater - Upgrade ke OVO Premier
Daftar OVO PayLater – Upgrade ke OVO Premier

Saat daftar, Saya klik OVO Paylater di aplikasi. Muncul pesan bahwa saya harus upgrade ke OVO Premier untuk daftar OVO PayLater.

OVO Premier adalah fasilitas upgrade yang membuat konsumen bisa menikmati gratis transfer ke semua Bank & gratis transfer antar pengguna, serta limit saldo OVO Cash hingga Rp 10.000.000.

#1 Upgrade ke Ovo Premier

Saya melakukan upgrade dengan langkah berikut:

  • Foto KTP di tempat yang disediakan dengan kamera ponsel
  • Konfirmasi data KTP
  • Mengambil foto selfie dengan kamera ponsel sambil menggenggam KTP

Setelah dokumen KTP dan foto selfie di upload, saya mengklik tombol ‘proses’ agar proses upgrade OVO Premier berlanjut.

#2 Pengajuan

Pengisian Data OVO PayLater
Pengisian Data OVO PayLater

Setelah upgrade ke Premier selesai, saya lanjut mengajukan aplikasi OVO PayLater dengan mengisi data – data pribadi dan menuliskan alamat sesuai KTP.

Data pribadi yang diminta untuk diisi cukup umum, yaitu: nama, alamat, data pekerjaan dan kontak yang bisa dihubungi serta alamat tempat tinggal.

Setelah pengisian data selesai, langkah selanjutnya menunggu keputusan pengajuan.

#3 Limit Pinjaman

Limit Persetujuan Kredit OVO PayLater
Limit Kredit OVO PayLater

Tidak sampai 24 jam sejak mengajukan, saya menerima pemberitahuan bahwa aplikasi sudah disetujui. Berapa limit yang diberikan ?

OVO PayLater memberikan pagu pinjaman Rp 1,000,000. Not bad. Nilai limit lumayan untuk pinjaman pertama.

Dengan adanya limit, saya sudah bisa menggunakan PayLater sebagai alat pembayaran jika ingin membayar dengan mencicil.

Salah satu tempat yang menerima OVO PayLater adalah raksasa e-commerce Tokopedia. Selama ini, Tokopedia memang sudah menerima pembayaran dengan OVO, sekarang tidak hanya membayar, tetapi bisa juga mengambil kredit cicilan tanpa kartu kredit lewat PayLater.

OVO Paylater Tokopedia

OVO PayLater menawarkan pengalaman cicilan Tokopedia. Meskipun beberapa lembaga lain sudah menawarkan cicilan, tetapi. OVO memberikan pengalaman cicilan Tokopedia yang cukup berbeda, terutama dari segi proses yang cepat, bunga yang bersaing dan fitur yang menarik.

OVO PayLater Tokopedia baru tersedia untuk konsumen di Jakarta, Bogor, Depok, Tangerang, Bekasi, Bandung, dan Surabaya dengan umur akun minimal 6 (enam) bulan.

Jika akun Tokopedia memenuhi kriteria persyaratan, akan muncul pilihan untuk aktivasi.

Selanjutnya, cara pendaftaran OVO PayLater di Tokopedia adalah (a) upload foto diri dan KTP-mu; (b) Isi identitas, kurang lebih 5 menit; (c) silahkan tunggu persetujuan aktivasi paling lama 1 jam.

OVO PayLater di aplikasi Tokopedia adalah pembiayaan cicilan tanpa kartu kredit, tanpa slip gaji dan hanya syarat KTP saja. Pengguna dapat menggunakan OVO PayLater untuk minimum transaksi sebesar Rp 10.000.

Fitur yang ditawarkan dalam cara menggunakan PayLater adalah (1) Beli kapan aja, bayarnya bisa di akhir bulan. Pengen belanja atau lagi butuh pulsa. Beli aja dulu, bayarnya bisa nanti; (2) Gampang buat cek pemakaian. Semua riwayat transaksi bisa dilihat di halaman OVO PayLater. (3) Bayar pemakaian OVO PayLater bisa dibayar lewat Indomaret, mesin ATM, virtual account, dan metode lainnya.

Limit belanja yang diberikan PayLater dapat digunakan untuk semua transaksi di Tokopedia, kecuali produk berikut ini:

  • Digital: Angsuran Kredit, Tagihan Kartu Kredit, Gift Card, E-Money, Donasi, dan Zakat
  • Keuangan : Reksadana dan Emas

Bagaimana jika terjadi pembatalan transaksi atau barang tidak sampai ?

  1. Jika pesanan Barang belum dikonfirmasi oleh Penjual dan terdapat pembatalan transaksi oleh Penjual, nominal transaksi yang dibatalkan tersebut akan dikembalikan ke Kredit Limit Anda.
  2. Jika pesanan Barang sudah dikonfirmasi oleh Penjual namun Barang tidak kunjung diterima hingga estimasi waktu pengiriman yang telah ditentukan, maka Anda dapat mengajukan klaim pengembalian Kredit Limit melalui pusat resolusi. Kredit Limit akan bertambah setelah proses klaim disetujui oleh Penjual dan proses resolusi selesai.
  3. Jika pesanan Barang sudah dikonfirmasi oleh Penjual namun Barang kurang atau tidak sesuai, rusak, atau terdapat kendala pada biaya pengiriman dan harga Barang, maka Anda dapat mengajukan klaim pengembalian Kredit Limit melalui pusat resolusi. Kredit Limit akan bertambah setelah proses klaim disetujui oleh Penjual dan proses resolusi selesai.

Daftar OVO PayLater Tokopedia

Ternyata, meskipun sudah punya OVO PayLater di aplikasi OVO, saya tidak otomatis mendapatkan PayLater di aplikasi Tokopedia. Saya harus mengajukan kembali permohonan OVO PayLater di Tokopedia.

Daftar OVO PayLater di Tokopedia
Daftar OVO PayLater di Tokopedia

Di aplikasi Tokopedia sudah ada pilihan aktivasi OVO PayLater. Saya memilih ‘aktifkan sekarang’, lalu menerima SMS OTP ke ponsel yang digunakan untuk mengakses Tokopedia.

Saya harus upload (1) KTP; (2) Foto Selfie memegang KTP; (3) NPWP – tidak wajib, hanya pilihan. Semua dokumen ini di upload di aplikasi Tokopedia.

Isi Data OVO PayLater di Tokopedia
Isi Data OVO PayLater di Tokopedia

Pengisian data terdiri atas: (1) data pribadi; (2) data penghasilan; (3) data kerabat. Semua pengisian data ini wajib dipenuhi.

Setelah semua data diisi, saya harus menyetujui Syarat dan Ketentuan serta Perjanjian Pinjaman dengan Taralite. Taralite adalah pihak ketiga yang bekerjasama dengan Tokopedia dalam menyediakan OVO PayLater.

Persetujuan OVO PayLater di Tokopedia
Persetujuan OVO PayLater di Tokopedia

Setelah mengajukan, saya menerima pemberitahuan, baik di dashboard Tokopedia maupun lewat email yang dikirimkan oleh pihak Tokopedia, mengenai status pengajuan dan perlu menunggu 24 jam untuk pengajuan saya diproses.

Jika membuka di aplikasi Tokopedia, saya akan melihat bahwa OVO PayLater masih dalam ‘Proses Verifikasi’.

Kurang dari 1 jam, pengajuan saya disetujui lewat pemberitahuan email dan bisa dicek di Tokopedia. OVO PayLater di Tokopedia sudah diaktifkan. Limit yang diberikan adalah Rp 500,000.

Limit ini berbeda, lebih kecil dari limit OVO PayLater yang saya terima di aplikasi OVO. Tampaknya pula, dugaan saya, limit di aplikasi OVO dan di Tokopedia tidak saling berhubungan. Jadi, limit total saya dengan OVO PayLater menjadi Rp 1,500,000 (terdiri dari aplikasi OVO Rp 1,000,000 dan aplikasi Tokopedia Rp 500,000).

Suku Bunga

Pengguna akan dikenakan Biaya Layanan oleh OVO PayLater  untuk pemakaian Kredit Limit sebesar 5.00% dari nilai transaksi.

Bunga Cicilan per Bulan OVO PayLater
Bunga Cicilan per Bulan OVO PayLater

Saya menggunakan PayLater saat transaksi di Tokopedia. Dengan memilih PayLater, saya bisa membayar secara mencicil atas transaksi saya, Rp 476,543, dengan pilihan cicilan dan tenor, yaitu:

  • Rp 172,464 cicilan 3 bulan
  • Rp   93,040 cicilan 6 bulan
  • Rp   56,666 cicilan 9 bulan

Perhitungan saya bunga per bulan sekitar 2.90% untuk semua tenor pinjaman. Bunga ini cukup menarik karena bersaing dengan bunga kartu kredit yang hampir di kisaran sama.

Yang pasti, cicilan tanpa kartu kredit OVO PayLater lebih murah dibandingkan pinjaman online. Aplikasi pinjaman online langsung cair 24 jam memberikan bunga diatas 20% se bulan.

Hanya saja, OVO PayLater tidak bisa digunakan untuk dana tunai karena harus dalam bentuk pembiayaan transaksi pembeliaan. Pinjaman online memberikan dana tunai langsung cair ke rekening peminjam.

Di OVO PayLater, konsumen tidak menerima pinjaman uang. Dana pinjaman yang disetujui digunakan untuk membayar merchant, tempat dimana konsumen membeli barang.

Cara Pembayaran

Bagaimana cara membayar Paylater ?

Pengguna mendapatkan tagihan dari OVO pada tanggal 27 (dua puluh tujuh) setiap bulannya yang harus dibayarkan paling lambat pada tanggal 1 (satu) di bulan berikutnya.

Pembayaran dapat dilakukan dengan menggunakan seluruh metode pembayaran yang terdapat pada Situs/Aplikasi, kecuali dengan metode pembayaran berbasis kredit seperti Kartu Kredit, Kredivo, dan lainnya.

Konsumen mempunyai 2 (dua) pilihan untuk cara membayar tagihan OVO PayLater  yang terdiri dari:

  1. Pembayaran penuh dengan membayar seluruh jumlah tagihan yang tertera pada halaman tagihan; atau
  2. Pembayaran sebagian, dengan minimum sebesar 50% (lima puluh persen) dari jumlah tagihan yang tertera pada halaman tagihan

Bagaimana jika konsumen membayar kurang dari tagihan ?

Jika Menunggak, Maka …

Jika menunggak, OVO PayLater mengenakan revolving Interest sebesar 0,1% per hari dari tagihan tertunggak yang tidak dibayarkan penuh hingga batas waktu pembayaran (due date).

Bagaimana jika konsumen tidak membayar tagihan?

  1. OVO melakukan pembekuan Kredit Limit jika tidak membayar tagihan setidaknya sejumlah pembayaran minimum pada hari ketiga setelah tanggal jatuh tempo (due date).
  2. Jika pembekuan Kredit Limit, konsumen tidak dapat menggunakan OVO PayLater sebagai metode pembayaran di Tokopedia namun tetap dapat melakukan pembayaran tagihan sesuai dengan jumlah tagihan.
  3. OVO Paylater berhak mengambil tindakan hukum lainnya berdasarkan Perjanjian Fasilitas Pinjaman.

Bagaimana jika OVO PayLater digunakan oleh pihak lain tanpa sepengetahuan?

Dalam hal adanya penyalahgunaan akun OVO PayLater Anda oleh pihak lain selain Anda, maka Anda wajib segera memberitahukan hal tersebut kepada Tokopedia atau OVO maksimum 30 hari kalender sejak transaksi dilakukan.

Anda bertanggung jawab atas semua transaksi yang dilakukan dengan menggunakan OVO PayLater. OVO tidak bertanggung jawab atas kerugian ataupun kendala yang timbul atas penyalahgunaan akun Pengguna yang diakibatkan oleh kelalaian Pengguna.

Legalitas OVO PayLater

Meskipun brand OVO tetapi izin PayLater bukan dimiliki oleh OVO. OVO bekerjasama dengan Taralite.

Taralite memiliki izin P2P OJK. Taralite sudah terdaftar di OJK dengan surat S-622/NB.111/2017 tahun 2017 atas nama PT Indonusa Bara Sejahtera.

OVO PayLater vs Pinjaman Online

OVO PayLater vs Pinjaman Online, Siapa Terbaik
OVO PayLater vs Pinjaman Online

Lebih baik mana, OVO PayLater atau Pinjaman Online ?

Pertama, proses pengajuan OVO PayLater lebih mudah dibandingkan pinjaman online. Karena data sudah tersedia di OVO, pengisian data lebih singkat dibandingkan di aplikasi pinjaman online.

Kedua, bunga OVO super lebih murah dibandingkan pinjaman online. Perhitungan saya, OVO memberikan bunga tidak sampai 3% per bulan (betul per bulan …). Bunga ini bersaing dengan bunga kartu kredit. Sementara, pinjaman online memberikan bunga diatas 20% per bulan, bahkan ada pinjol yang sampai 30% per bulan.

Jika menunggak, PayLater mengenakan bunga 0.10% per hari dari total tagihan. Denda PayLater ini lebih rendah dari denda keterlambatan pinjaman online yang mencapai 1% sehari.

Ketiga, OVO Paylater hanya bisa digunakan untuk pembiayaan pembeliaan barang dan jasa di Tokopedia dan layanan kerjasama lainnya. PayLater tidak bisa untuk Dana Tunai.

Pinjaman online menawarkan dana tunai. Pinjaman uang masuk ke rekening peminjam sehingga dalam soal ini pinjaman online lebih unggul.

Meskipun di beberapa tempat, ada yang menawarkan layanan pencairan limit dana tunai OVO Paylater. Tetapi, hal ini sangat tidak disarankan karena melanggar ketentuan OVO Paylater.

Keempat, limit OVO PayLater lebih rendah dibandingkan Pinjaman Online. Meskipun dalam aplikasi Paylater bisa sampai Rp 10 juta, tetapi kenyataannya limit yang diberikan untuk pinjaman pertama adalah Rp 1 juta. Sedangkan, pinjaman online bisa sampai Rp 3 juta dan bahkan lebih tinggi untuk pinjaman berikutnya.

Kelima, OVO Paylater bersifat undangan dari pihak OVO. Jika tidak diundang, Anda tidak bisa menggunakan OVO Paylater. Anda tidak bisa mengajukan diri ke OVO untuk meminta PayLater. Sementara, Anda mengajukan di pinjaman online, bukan diundang, sehingga lebih mudah untuk mengajukan kredit.

OVO PayLater vs Kartu Kredit

Pertanyaannya, murah mana atau lebih menguntungkan mana, cicilan OVO PayLater atau cicilan Kartu Kredit ?

Contohnya, di Tokopedia, saya punya pilihan jika ingin mencicil pembayaran pembelian barang. Bisa menggunakan OVO PayLater atau Kartu Kredit. Selama ini, cicilan biasa saya lakukan lewat Kartu Kredit. sekarang dengan adanya OVO PayLater bisa dibandingkan mana yang terbaik dua pilihan alat pembayaran ini.

Untuk membuktikannya, saya melakukan suatu transaksi di Tokopedia dan membayar dengan cicilan. Hasilnya bisa dilihat dibawah ini:

Cicilan OVO PayLater vs Cicilan Kartu Kredit di Tokopedia
OVO PayLater vs Kartu Kredit

Untuk transaksi sebesar Rp 808,000 di Tokopedia, cicilan dengan kartu kredit (sebelah kanan gambar diatas) lebih murah dibandingkan cicilan OVO PayLater (sebelah kiri gambar diatas), baik untuk tenor 3 bulan maupun 6 bulan.

Buat mereka yang punya Kartu Kredit, jika ingin mencicil sebaiknya memprioritaskan menggunakan Kartu Kredit, kecuali limit Kartu Kredit sudah penuh. Tetapi, perlu diingat bahwa tidak semua orang punya Kartu Kredit, sementara proses pengajuan OVO PayLater relatif mudah dibandingkan Kartu Kredit.

OVO PayLater vs Kredivo

Di Tokopedia, pilihan cara pembayaran dengan cicilan tanpa kartu kredit ada dua, yaitu OVO PayLater dan Kredivo. Mana yang lebih baik, OVO Paylater atau Kredivo ?

Saya membeli satu barang di Tokopedia dan membandingkan antara kedua cara pembayaran cicilan tanpa kartu kredit ini. Hasilnya cukup menarik, interesting !

OVO PayLater vs Kredivo di Tokopedia
OVO PayLater vs Kredivo di Tokopedia

Perbandingan diatas menunjukkan pembelian barang yang saya lakukan senilai Rp 808,000. Di PayLater dan Kredivo dikenakan biaya admin, karena itu Anda bisa lihat nilai yang dikredit lebih tinggi dari nilai pembelian awal saya.

Kredivo memberikan biaya admin yang lebih rendah, terlihat dari nilai pinjaman setelah di mark-up yang lebih kecil dibandingkan OVO Paylater. Tetapi, satu kelemahan Kredivo adalah cicilan hanya bisa dilakukan untuk jumlah minimal tertentu dan nilai dibawah Rp 1 juta tidak bisa dicicil.

Kredivo memberikan pinjaman yang dibayar lunas di akhir tenor 30 hari untuk nilai pinjaman dibawah 1 juta. Cicilan tidak bisa dilakukan di Kredivo jika Anda meminjam kurang dari 1 juta.

Minimum transaksi bisa dicicil di Kredivo adalah Rp 1,000,000.

Untuk nilai minimum cicilan ini, OVO PayLater unggul karena nilai minimum pembelian untuk cicilan di OVO cukup rendah dan lebih rendah dari ketentuan minimum di Kredivo.

Saya melihat apa kriteria jika mengambil cicilan di Kredivo, seandainya saya membeli barang dengan nilai lebih tinggi, sebagai berikut:

  1. Siapkan dokumen berikut diunggah (khusus pengguna baru Kredivo)
    1. Kartu Identitas (KTP)
    2. 2 Bukti Tempat Tinggal (Kartu Keluarga / STNK / Tagihan TV Kabel, Tagihan Telepon / Tagihan Kartu Kredit)
    3. 2 Bukti Penghasilan (Slip Gaji / Surat Gaji Kantor / Rekening Koran / Laporan Pajak Terbaru)
  2. Berdomisili di Jabodetabek, Kota Bandung, Medan, Surabaya, Palembang, Semarang, Yogyakarta, Solo, Makassar, Malang, atau Bali.
  3. Berpenghasilan min. Rp 3.000.000 per bulan
  4. Metode Cicilan berlaku untuk minimum transaksi Rp 1.000.000 dan maksimal transaksi Rp 30.000.000

Kriteria cicilan di Kredivo definitely lebih sulit dan lebih ketat dibandingkan OVO Paylater. Proses pengajuan di OVO Paylater jauh lebih mudah dan lebih cepat disetujui (kurang dari 24 jam atau bahkan lebih cepat).

Namun, keunggulan Kredivo dibandingkan OVO PayLater adalah

Pertama, limit Kredivo lebih tinggi yang membuat Anda bisa menggunakan Kredivo untuk high-ticket size. Sementara, Kredivo sangat pelit memberikan limit, sebagai contoh, saya hanya dapat limit Rp 500,000 dari OVO PayLater.

Kedua, biaya admin Kredivo tampaknya lebih rendah yang membuat jumlah yang dicicil menjadi lebih kecil per bulan. OVO Paylater menerapkan biaya admin yang lebih tinggi di muka dengan menaikkan nilai pinjaman.

Merchant OVO Paylater

Merchant adalah tempat dimana Anda bisa melakukan pembayaran dengan menggunakan OVO. Kalau bisa membayar menggunakan OVO itu artinya Anda bisa memanfaatkan OVO Paylater.

Namun, merchant OVO PayLater terbesar adalah merchant atau toko yang terdapat di Tokopedia. Hampir semua toko di Tokopedia bisa dibayar dengan menggunakan OVO PayLater.

Perhatikan ketentuan tertentu di Tokopedia karena terdapat merchant tertentu yang tidak bisa dibayar dengan OVO PayLater.

Gestun OVO Paylater … Jangan!

Salah satu tawaran yang sekarang seiring muncul adalah gestun OVO PayLater. Gestun atau gesek tunai adalah istilah yang dikenal di kartu kredit, namun karena paylater ini cara kerjanya seperti kartu kredit, muncullah istilah yang sama, gesek tunai di paylater.

Apa itu gestun ? Gesek Tunai?

Singkatnya, Anda tidak membayar untuk pembelian barang tetapi mendapatkan dana tunai, uang cash dengan menggunakan PayLater. Kok bisa ?

Perlu kerjasama dengan merchant karena nanti merchant yang akan membayarkan dana tunai kepada nasabah yang melakukan gestun. Namun, semenarik apapun program gestun, saran saya jangan lakukan karena beberapa alasana berikut:

Pertama, gestun adalah tindakan yang dilarang oleh penerbit PayLater. Tujuan PayLater jelas yaitu untuk pembiayaan barang atau jasa, dan bukan untuk menarik dana tunai. Jika dilakukan sedemikian rupa untuk mendapatkan dana tunai, pengguna pasti dikenakan sanksi oleh penerbit.

Kedua, resiko bahwa fasilitas PayLater Anda ditutup jika ketahuan digunakan untuk gestun. Kemungkinan besar Anda akan di black-list oleh penerbit dan tidak bisa mendapatkan fasilitas PayLater lagi.

Ketiga, bukan tidak mungkin penerbit bisa mengambil langkah hukum karena tindakan gesek tunai dianggap sebagai fraud. Fraud punya unsur pidana sehingga konsekuensinya tidak ringan.

Resiko dan manfaat melakukan gestun paylater tidak seimbang. Lebih baik jangan dan jangan melakukan gestun OVO PayLater.

Kesimpulan

OVO PayLater hadir sebagai alternatif pembiayaan pembeliaan barang di Tokopedia. Fitur cicilan tanpa kartu kredit dan hanya bermodal KTP bisa digunakan dengan OVO PayLater.

PayLater adalah cara pembayaran dengan cicilan. Menjadi menarik karena Pay Later hadir bersamaan dengan dompet elektronik atau emoney.

Tidak hanya OVO, tetapi e-commerce lain, seperti Shopee menawarkan PayLater, yang menunjukkan bahwa fitur produk ini dicari konsumen.

Bunga OVO PayLater sangat menarik dibawah 3% per bulan, jauh dibawah bunga pinjaman online pada umumnya. Bersaing dengan bunga kartu kredit.

Tetapi, OVO PayLater hanya bersifat undangan, tidak semua nasabah OVO mendapatkan fasilitas PayLater ini. Di samping itu, PayLater khusus untuk pembeliaan barang dan jasa, serta tidak bisa untuk menarik dana tunai.

11 Responses

  1. Top Up OVO

    Kenapa saya tidak bisa daftar ovo paylater di aplikasi ovo? padahal akun saya sudah premier.

    Reply
    • admin

      Tidak semua pemegang OVO mendapatkan fasilitas OVO PayLater. Pihak OVO yang menentukan apakah seseorang mendapatkan OVO PayLater atau tidak. Salam

      Reply
    • fabian

      saya malah bisa pake, padahal bukan akun OVO Premier
      tapi limitnya cuma dapet 1 juta

      Reply
  2. Maskojek

    apakah mungkin? Pihak ovo juga mengevaluasi transaksi pengguna ?
    Karena setelah saya pahami apa yang tertulis diatas, tidak semua pengguna dapat menikmati fitur ini walaupun sudah diupgrade ke level premier….

    Reply
    • admin

      Sangat mungkin iya, bahwa OVO mengevaluasi transaksi pengguna untuk memutuskan pemberian OVO Paylater atau tidak, karena OVO punya data transaksi pengguna sangat lengkap.

      Reply
  3. intan

    saya dapat mengunakan krn sebelumnya saya sudah mengunakan OVO 3 thn , saya langsung limit 3,5 jt

    Reply
  4. Allmeria

    Thanks anw! Lengkap banget informasinyaa. Sekedar tambahan, OVO Paylater saya diberi limit 2 juta rupiah, jadi mungkin banget OVO juga mengevaluasi intensitas penggunaan OVO harian~

    Reply

Leave a Reply

Your email address will not be published.