Silakan masukkan kata kunci pada kolom pencarian

5 Cara Membatalkan UATAS Pinjaman OJK 2022

Daftar Isi

5 Cara Membatalkan UATAS Pinjaman OJK 2022

Cara membatalkan pinjaman UATAS ternyata cukup mudah. Cara ini bisa kita lakukan jika dana yang diajukan belum ditransfer oleh pihak UATAS. Mengingat, beberapa calon nasabah kerap berubah pikiran setelah mengajukan pinjaman UATAS. 

Sebenarnya, ada beberapa alasan yang kerap terjadi saat seseorang memutuskan untuk membatalkan pinjamannya. 

Umumnya, pembatalan pinjaman UATAS disebabkan karena nasabah sudah mendapatkan pinjaman dana dari pihak lain atau nasabah merasa tidak sanggup membayar cicilan dengan bunga yang cukup tinggi. 

Maka dari itu, calon nasabah akan cenderung memilih untuk membatalkan pinjaman tersebut. 

Nah, pada artikel ini kami akan membahas beberapa cara membatalkan UATAS dengan mudah. 

Kami akan mengulas langkah demi langkah dari setiap caranya. Tidak hanya itu, juga akan menjelaskan syarat dan ketentuan agar pembatalan pinjaman diterima. 

1. Mengikuti Syarat dan Ketentuan Pembatalan Pinjaman di UATAS 

Sebelum membahas beberapa cara pembatalan, kita harus memahami terlebih dahulu syarat dan ketentuan pembatalan UATAS. 

Berikut syarat dan ketentuan pembatalan pinjaman UATAS:

a. Proses Pinjaman Belum Disetujui Pihak UATAS

Sebelum melakukan pinjaman di UATAS, kita diminta untuk mengisi data diri secara lengkap. Dibutuhkan waktu antara 1-3 hari oleh sistem untuk memproses data yang kita ajukan.

Dalam waktu tersebut, pihak UATAS akan meninjau ulang data yang telah kita ajukan. Pastikan memanfaatkan rentang waktu tersebut apabila berkeinginan untuk membatalkannya. 

Jika dalam waktu tersebut pihak UATAS telah menyetujui pengajuan pinjaman, kita tetap harus menerimanya. Selain itu, kita juga tetap harus membayarkan cicilan sesuai dengan kesepakatan yang sudah disetujui sebelumnya. 

b. Proses Pengajuan Belum Tercatat oleh Sistem 

Sistem UATAS ternyata membutuhkan waktu 5 hingga 30 menit untuk memproses pengajuan pinjaman. Maka dari itu, gunakan waktu sebaik mungkin jika ingin melakukan pembatalan. 

Untuk beberapa case, ternyata sistem UATAS hanya membutuhkan waktu 2 menit saja untuk memproses pengajuan pinjaman. Setelah data sudah masuk ke dalam sistem, kita tidak dapat membatalkannya lagi. 

c. Tidak Bisa Dibatalkan Jika Dana Sudah Cair Masuk Rekening

Pada saat, pinjaman UATAS sudah dicairkan ke rekening peminjam, maka pinjaman sudah tidak bisa dibatalkan.

Satunya - satunya cara adalah melakukan pelunasan dipercepat ke UATAS.

Untuk pelunasan dipercepat, UATAS akan mengenakan biaya tambahan. Biaya tambahan tersebut bisa berbentuk bunga berjalan atau denda pelunasan dipercepat.

Untul cara membatalkan pinjaman UATAS bisa dilakukan secara online maupun offline. Ada 5 Cara Membatalkan UATAS dengan Mudah.

2. Menghubungi Call Center Melalui Telepon

Cara membatalkan UATAS yang pertama adalah menghubungi call center melalui sambungan telepon. 

Berikut langkah-langkah yang harus kita lakukan:

  1. Hubungi Call Center UATAS dengan nomor yang tersedia di situs resmi atau di aplikasi.
  2. Setelah tersambung dengan pihak UATAS, sampaikan bahwa kita ingin melakukan pembatalan. Kita bisa mengatakan, "Halo, nama saya Mira. Saya ingin membatalkan pinjaman UATAS".
  3. Kemudian, pihak UATAS akan mengkonfirmasi data diri. Kita cukup menjawab pertanyaan yang diajukan pihak UATAS sebagai bentuk verifikasi. Setelah data terverifikasi, pengajuan pembatalan pinjaman, akan segera diproses.
  4. Proses pembatalan pinjaman memerlukan waktu beberapa hari. Apabila proses tersebut belum berhasil hingga waktu yang telah ditentukan, cobalah untuk menghubungi call center lagi hingga proses tersebut berhasil.
  5. Untuk bisa mendapatkan respon yang cepat dari pihak UATAS, sebaiknya kita menghubungi call center di jam kerja, yaitu pukul 8 pagi hingga 3 sore.

3. Menghubungi Call Center Melalui Email 

Cara membatalkan UATAS yang kedua adalah menghubungi call center melalui email. Cara ini menjadi alternatif jika call center sambungan telepon dalam kondisi sibuk.

Berikut langkah-langkah yang bisa kita lakukan:

  1. Pastikan kita telah memiliki email yang aktif.
  2. Persiapkan isi dari pengajuan pembatalan pinjaman lewat email kita.
  3. Kirim pesan tersebut ke email resmi UATAS. Adapun alamat email UATAS bisa cek di situs resmi atau aplikasi pinjaman. Sama halnya seperti call center melalui telepon, sebaiknya kita mengirim email di jam kerja.
  4. Setelah itu, cek status pengajuan secara berkala melalui aplikasi UATAS. Hal ini dilakukan untuk memastikan bahwa keterangan pinjaman telah berubah menjadi "berhasil dibatalkan"
  5. Terus pantau status sampai dengan waktu yang telah ditentukan. Apabila sudah melewati tenggat waktu, hubungi kembali pihak UATAS sampai pengajuan berhasil.

Sebagai contoh, kita bisa mengirim email seperti ini: "Halo, saya Mira. Tanggal 3 Juni 2022 kemarin, saya mengajukkan pinjaman UATAS. Sekarang, saya ingin mengajukan pembatalan pinjaman tersebut, karena saya merasa tidak mampu untuk membayar cicilan tersebut. Saya belum melakukan tanda tangan kontrak. Mohon bantuan dan arahannya. Terima kasih."

4. Menghubungi Call Center Melalui Sosmed 

Cara membatalkan UATAS yang selanjutnya bisa kita lakukan melalui admin sosmed. Sosmed menjadi media pengaduan yang cukup praktis, karena admin Sosmed UATAS cukup aktif.

Berikut langkah-langkah yang bisa kita lakukan jika ingin mengajukan pembatalan pinjaman melalui sosmed:

  1. Pastikan membuka akun sosmed UATAS yang resmi. Adapun akun resmi UATAS bisa dilihat di situs resmi atau aplikasi pinjaman.
  2. Pilih salah satu sosmed di atas untuk kita hubungi. Kita bisa memilih sosmed UATAS sesuai penggunaan sosmed yang paling aktif.
  3. Sampaikan pembatalan pinjaman melalui pesan di akun sosmed tersebut. Kita bisa menggunakan isi pesan, saat memilih menggunakan cara menghubungi call center melalui email yang ada di atas.
  4. Admin sosmed UATAS akan segera membalas pengajuan yang telah kita berikan. Cukup ikuti instruksi yang akan diberikan oleh admin sosmed UATAS.

5. Mengisi Formulir Pengaduan di Laman UATAS 

Cara selanjutnya, kita bisa membatalkan pinjaman UATAS dengan mengisi formulir pengaduan di laman resmi UATAS. Berikut langkah-langkahnya:

  1. Kunjungi laman resmi UATAS dan cari halaman form pengaduan
  2. Pada halaman tersebut, kita akan diminta untuk memilih kategori masalah yang akan kita ajukan. Pastikan memilih "Pembatalan Pinjaman"
  3. Setelah itu, akan muncul halaman yang isinya pertanyaan-pertanyaan seputar pembatalan pinjaman. Di bagian bawah halaman tersebut, kita akan ditanya "Apakah masalah Anda sudah terjawab?" Jika menjawab Ya, kita akan dibawa ke halaman terima kasih. Sebaliknya, jika menjawab belum, kita akan dibawa ke halaman pengisian formulir pengaduan.  Pastikan memilih tombol "belum".
  4. Kemudian, kita akan diminta untuk mengisi data pada form yang telah diberikan. Isi sesuai dengan data-data kita. Pada bagian akhir form, kita diminta untuk mengunggah foto. Pastikan foto yang diunggah, terlihat dengan jelas.
  5. Setelah berhasil mengisi form tersebut, klik tombol "kirim". Pengaduan akan diproses selama kurang lebih 1x24 jam. Nantinya, pihak UATAS akan merespon pengaduan melalui email. Jadi pastikan untuk terus memantau email.

6. Mendatangi Kantor UATAS Secara Langsung

Cara terakhir membatalkan UATAS bisa kita lakukan dengan mendatangi kantor UATAS secara langsung. Cara ini bisa kita lakukan kalau lokasi kita dengan kantor UATAS berdekatan.

Berikut langkah-langkah yang bisa kita lakukan untuk membatalkan pinjaman UATAS secara langsung:

  1. Cari lokasi kantor UATAS terdekat. Kantor UATAS memiliki cabang di berbagai kota. Pilihlah yang paling bisa kita jangkau. Jika ingin mengunjungi kantor pusat, kita bisa cek alamatnya di situs atau aplikasi. Semua pinjaman yang sudah berizin OJK akan punya alamat kantor yang jelas.
  2. Setelah berada di lokasi, sampaikan maksud kedatangan, yaitu ingin mengajukan pembatalan pinjaman.
  3. Nantinya, kita akan diinstruksikan untuk mengisi formulir pengajuan pembatalan. Silakan isi sesuai dengan data dan alasan.
  4. Selanjutnya, kita juga harus melampirkan syarat-syarat yang diminta oleh pihak UATAS.
  5. Jika seluruh berkas sudah siap, serahkan ke bagian Customer Service. Pihak CS akan mengarahkan kita untuk menjalani proses selanjutnya. Cukup ikuti instruksi yang diberikan oleh CS sampai proses pembatalan berhasil.

7. Berapa Biaya Pembatalan Pinjaman UATAS

Berapakah biaya pembatalan pinjaman UATAS?

Jawabannya adalah tidak dipungut biaya sama sekali. Ya, kita tidak perlu mengeluarkan uang lagi saat mengajukan pembatalan pinjaman.

Cukup pastikan syarat-syarat memenuhi agar bisa diproses dengan cepat. Jadi bagaimana, mudahkan membatalkan pengajuan pinjaman di UATAS? Selamat mencoba ya!

8. Jika Mengalami Kendala, Tidak Bisa Membatalkan Pinjaman Online, Bisa Lapor OJK

Nasabah yang mengalami kendala tidak bisa melakukan pembatalan atau ditolak pembatalan oleh pinjaman online, seperti UATAS, bisa mengadu ke layanan konsumen di Otoritas Jasa Keuangan  OJK.

Permintaan informasi atau pengaduan kepada OJK melalui sarana yang meliputi : 

  • Surat Tertulis ke Anggota Dewan Komisioner Otoritas Jasa Keuangan
  • Telepon : 157 Jam operasional : Senin - Jumat, Jam 08.00 - 17.00 WIB (Kecuali Hari Libur)
  • Email dengan alamat : [email protected]
  1. Form Pengaduan Online di https://kontak157.ojk.go.id/appkpublicportal/Pengaduan

Konsumen atau masyarakat dapat menyampaikan pengaduan dengan menyampaikan surat resmi ke OJK disertai dengan :

  • Bukti telah menyampaikan pengaduan kepada lembaga jasa keuangan terkait dan/atau jawabannya
  • Identitas diri atau surat kuasa (bagi yang diwakili)
  • Deskripsi/kronologis pengaduan
  • Dokumen pendukung

Apabila data/dokumen yang diminta tidak dipenuhi dalam waktu paling lambat 20 hari kerja sejak tanggal pemberitahuan, maka pengaduan dianggap dibatalkan.

Bandingkan Pinjaman Online Terbaik !

Perbandingan berbagai pinjaman online terbaik bnerdasarkan berbagai faktor pilihan

Bagikan Melalui

Daftar Isi

Berlangganan Duwitmu

Komentar (0 Komentar)

Tulis Komentar - Balasan untuk Tito Shadam

Email Anda tidak akan di publish

Batalkan Membalas

Captcha Wajib Diisi

Artikel Terkait