Silakan masukkan kata kunci pada kolom pencarian

4 Kesalahan Penggunaan Kartu Kredit

Daftar Isi

4 Kesalahan Penggunaan Kartu Kredit

Menggunakan kartu kredit memang bisa menjadi keuntungan bagi sebagian orang, namun, bila dilihat dari sisi lain, kartu ini bisa menjadi sebuah masalah yang bisa berujung kesulitan. 

Kesalahan pemahaman dan cara pemakaian justru bisa membuat seseorang kewalahan. 

Berikut 4 kesalahan dalam penggunaan kartu kredit:

#1 Tidak Melunasi Seluruh Tagihan Kartu Kredit

Ini boleh dikatakan merupakan penyebab utama mengapa banyak orang yang terjerat dalam hutang kartu kredit. Tidak sedikit orang yang hanya membayar sejumlah “pembayaran minimum”. Ketika kamu melakukan ini, maka saldo hutang yang tersisa akan terkena bunga yang sangat tinggi (bisa mencapai2,9%-4% per BULAN!) . Ketika kamu melakukan kesalahan ini, maka ibaratnya kamu sudah mengambil langkah pertama untuk masuk ke dalam jeratan hutang kartu ini.

#2 Menganggap Kartu Kredit sebagai Kartu Debit

Ini merupakan salah satu kesalahan yang paling fatal. Kartu Kredit bukanlah Kartu Debit (ATM). Hindari menarik uang cash dengan menggunakan kartu kredit karena ini akan dikenakan bunga dan biaya tarik tunai yang sangat tinggi, bahkan lebih tinggi daripada angka di nomor 1.

#3 Menggunakan untuk Membayar Hutang

Kesalahan lainnya adalah menggunakan kartu ini untuk menutup ataupun membayar cicilan hutang tipe “Secured Debt”/hutang yang menggunakan jaminan. Hutang yang menggunakan jaminan (spt KPR, KMK, dll), bunganya secara umum lebih ringan. Oleh sebab itu jika kamu menggunakan kartu kredit untuk membayar hutang tipe ini, berarti kamu malah ‘menukar’ hutang yang bunganya lebih ringan dengan hutang yang bunganya lebih berat.

Padahal kamu bisa menggunakannya untuk membayar tagihan bisnis agar cash flow lebih teratur. 

#4 Tidak Disiplin Mengontrol Penggunaan dan Tagihannya

Tentukan batas maksimum yang boleh kamu ‘gesek’ setiap bulannya. Lalu kontrol dan catat setiap pemakaian kartu kredit kamu setiap hari. Ketika jumlah pemakaian tersebut sudah mendekati batas maksimum yang kamu tentukan, ‘segel’ kartu kamu, atau jika perlu (bagi yang lemah terhadap godaan belanja), tinggalkan kartu di rumah.

Tebus Smartphone favorit kamu dengan manfaatkan layanan cicilan 0% dari berbagai kartu kredit yang ada! Bandingkan beberapa produk kartu kredit bersama HaloMoney sekarang, klik di sini!

Suka artikel ini? Klik di sini untuk membaca ratusan artikel menarik lainnya!

Bagikan Melalui

Daftar Isi

Berlangganan Duwitmu

Artikel Terkait