Silakan masukkan kata kunci pada kolom pencarian

5 Rekomendasi Kredit Mobil Syariah Terbaik (2022)

Daftar Isi

5 Rekomendasi Kredit Mobil Syariah Terbaik (2022)

Kredit mobil syariah membantu mereka yang ingin mengambil pinjaman untuk memiliki mobil tanpa riba. Bagusnya, sudah banyak perusahaan leasing yang sekarang menyediakan kredit syariah.

Mobil menjadi kebutuhan primer di era sekarang. Apalagi di kota besar yang mobilitas penduduknya tinggi.

Tidak semua orang punya dana tunai untuk beli mobil secara cash. Kredit mobil menjadi pilihan untuk punya kendaraan bermotor dengan cara mencicil.

Salah satu penawaran jenis kredit yang mulai muncul adalah kredit mobil syariah.

Apa itu Kredit Mobil Syariah

Kredit mobil adalah pinjaman yang diberikan oleh lembaga keuangan untuk membeli mobil secara mencicil.

Ada dua jenis kredit mobil yaitu: secara konvensional dan secara syariah.

Meskipun baru muncul belakangan, kredit mobil syariah tumbuh pesat karena sejumlah keuntungan yang ditawarkan/

Keuntungan Kredit Mobil Syariah

Berikut ini adalah keuntungan utama melakukan kredit syariah.

1. Cicilan Tetap

Karena menggunakan akad murabahah, maka jumlah pokok pembiayaan beserta keuntungan sudah dibeberkan di awal oleh perusahaan kredit mobil syariah sebagai pihak penjual. Jadi tinggal total harga dibagi dengan tenor cicilan yang kamu inginkan.

Hal tersebut membuat skema cicilan kamu menjadi flat.

Dengan cicilan yang tetap, kamu tidak perlu khawatir akan adanya lonjakan suku bunga. Contohnya jika cicilan kamu yang disepakati di awal Rp3 juta, maka sampai dengan akhir periode jumlah cicilan kamu tidak akan berubah. Hal ini akan membuat perencanaan keuangan kamu menjadi lebih matang.

2. Transparan

Transparansi dalam menggunakan sistem bagi hasil memudahkan nasabah untuk memiliki kendaraan dengan harga yang lebih masuk akal. Tapi, sebelum mengajukan pembiayaan,jangan lupa untuk membuat proyeksi pendapatan yang bisa kamu dapatkan selama masa cicilanya. Jadi kamu tidak akan terasa berat selama membayar angsuran kredit mobil syariah.

2. Sanksi Keterlambatan Disalurkan Untuk Dana Kebajikan

Ketika kamu menggunakan skema pembiayaan konvensional, maka kamu akan dikenakan denda. Biasanya itu akan terjadi jika kamu terlambat membayar angsuran atau cicilan pembiayaan.

Besaran denda tergantung pada kesepakatan awal antara perusahaan pembiayaan dan konsumennya. Rata-rata besarnya mencapai 0,5% hingga 1% dari jumlah cicilan bulanan dikalikan dengan jumlah hari keterlambatan.

Nah dalam skema kredit mobil syariah , tidak ada istilah denda, namun yang dikenal adalah ta’zir. Ta’zir adalah sejumlah dana yang harus dikeluarkan jika kamu terlambat membayar cicilan dengan tujuan agar kamu lebih disiplin. Namun dana tersebut tidak akan diambil oleh perusahaan pembiayaan syariah. Melainkan akan disalurkan sebagai dana kebajikan.

Tetapi jangan juga sengaja dibiarkan terlambat, karena bagaimanapun rekam jejak kamu dalam membayarkan cicilan bisa sangat membantu untuk mendapatkan akses keuangan yang lebih luas lagi. Jika kamu sering terlambat membayarkan cicilan, kamu akan meninggalkan jejak keuangan yang buruk. Hal itu akan menyulitkan kamu untuk mendapatkan fasilitas kredit lainnya dari lembaga keuangan lain.

3. Dijamin halal

Ada anggapan bahwa mekanisme bisnis keuangan syariah dan konvensional hanya berbeda nama saja, tetapi prinsipnya sama. Hal tersebut sepenuhnya tidak benar, karena lembaga keuangan syariah dalam menjalankan bisnisnya diawasi oleh Dewan Pengawas Syariah (DPS).

Jadi fasilitas kredit mobil syariah kamu bisa dipastikan status halalnya. DPS sendiri merupakan badan yang terdapat dalam lembaga keuangan syariah yang bertugas mengawasi pelaksanaan keputusan Dewan Syariah Nasional (DSN MUI).

Oleh karena itu, kamu tidak perlu lagi meragukan prinsip syariah yang dijalankan oleh lembaga keuangan syariah di Indonesia. Kredit mobil syariah merupakan salah satu produk syariah yang bisa kamu gunakan.

Daftar Kredit Mobil Syariah Terbaik di 2022

1. ACC

ACC Syariah merupakan brand unit usaha syariah (UUS) dari PT Astra Sedaya Finance, salah satu perusahaan pembiayaan yang tergabung dalam grup perusahaan pembiayaan Astra Credit Companies.

ACC Syariah merupakan diversifikasi produk pembiayaan sesuai prinsip syariah. ACC Syariah telah terdaftar di Otoritas Jasa Keuangan dan Dewan Syariah Nasional Majelis Ulama Indonesia.

ACC Syariah menawarkan fasilitas pembiayaan mobil Anda dengan proses yang mudah, nyaman, dan sepenuhnya sesuai syariah. ACC Syariah memberikan fasilitas pembiayaan kendaraan baru maupun kendaraan bekas semua merk dari berbagai jenis kendaraan.

Saat ini ACC Syariah menggunakan akad murabahah (perjanjian jual beli) – dengan mekanisme ACC Syariah membeli kendaraan dari dealer dan kemudian menjualkan kembali ke Anda dengan menyebutkan biaya yang dikeluarkan dan marjin keuntungan secara jelas.

2. Adira Finance

Kredit mobil syariah di Adira Finance bisa melayani kamu yang menginginkan mobil baru dan mobil bekas. Untuk mobil bekas, Kamu hanya tinggal mencari mobil bekas yang kamu idamkan, lalu ajukan di Adira Finance untuk memperoleh kemudahannya. Tidak banyak lembaga pembiayaan yang mau melayani pembiayaan mobil bekas. Hal itu tentu membuat sedih kamu yang baru saja menapaki karir namun membutuhkan kendaraan roda empat untuk beraktivitas.

Syaratnya juga mudah, yang pertama adalah kamu sudah harus berusia 21 tahun. Kemudian kamu juga perlu melengkapi data dengan fotokopi kartu tanda penduduk (KTP), kartu Nama Pokok Wajib Pajak (NPWP), kartu keluarga (KK), fotokopi rekening Koran selama 3 bulan terakhir dan juga surat keterangan kerja dari perusahaan.

Buat kamu yang berstatus sebagai wirausaha muda,kamu hanya perlu melampirkan persyaratan diatas minus surat keterangan kerja. Jangan lupa juga untuk melampirkan Surat Izin Usaha Perusahaan (SIUP), Ijin Praktek dan dokumen pendukung lainnya guna mendapatkan fasilitas kredit mobil syariah.

Jadi tidak perlu lagi ragu menggunakan kredit mobil syariah, karena mobil yang kamu peroleh sudah dipastikan halal dan bebas dari transaksi ribawi. Mobil baru ataupun mobil bekas nan ciamik, bisa kamu bawa pulang dengan skema kredit mobil syariah.

3. Bank Syariah Indonesia (BSI)

BSI Oto adalah layanan pembiayaan kepemilikan kendaraan (mobil baru, mobil bekas dan motor baru) dengan cara mudah dan angsuran tetap

Keunggulan Produk BSI OTO adalah:

  1. Sesuai Prinsip Syariah
  2. Proses mudah dan cepat
  3. Tenor pembiayaan sd 7 tahun
  4. Fasilitas autodebet dari tabungan
  5. Pricing kompetitif
  6. Angsuran tetap hingga jatuh tempo
  7. Jaringan layanan yang luas
  8. DP mulai dari 0%*

Syarat dan Ketentuan Umum

  1. WNI yang berdomisili di Indonesia.
  2. Jenis Profesi Nasabah adalah Pegawai tetap, Wiraswasta dan profesional
  3. Usia minimal 21 tahun atau sudah menikah
  4. Special Price Pembiayaan BSI OTO untuk pembelian mobil baru

4. BCA Syariah

Pembiayaan KKB adalah pembiayaan berdasarkan prinsip Murabahah dimana Bank BCA Syariah membiayai pembelian kendaraan bermotor yang diperlukan oleh Nasabah sebesar harga pokok ditambah dengan margin keuntungan bank yang disepakati.

Persyaratan umum calon nasabah :

  • Cakap hukum
  • Warga Negara Indonesia (WNI)
  • Memiliki kemampuan dan kemauan untuk melunasi pembiayaan yang diberikan
  • Tidak dalam keadaan pailit
  • Usia (calon) nasabah minimal 21 tahun dan saat pembiayaan berakhir tidak boleh lebih dari 55 tahun, untuk karyawan dan 60 tahun, untuk wiraswasta/profesi
  • Untuk karyawan memiliki pengalaman kerja minimal 2 tahun di perusahaan yang sama atau termasuk 1 perusahaan sebelumnya (jika pernah bekerja) sedangkan untuk wiraswasta/ professional memiliki pengalaman 2 tahun di bidang yang sama.

5. BFI Finance

My CarS adalah Pembiayaan pembelian mobil dengan prinsip syariah dan menggunakan akad jual - beli, tanpa menggunakan wakalah.

Tanpa Denda. Tidak ada denda yang dibebankan jika terjadi keterlambatan pembayaran angsuran

Proses Cepat. Dengan proses digital, Anda hanya perlu menunggu sebentar untuk mengetahui hasil persetujuannya. *Dukungan cabang yang luas di Indonesia

Cari dan Bandingkan KTA Terbaik !

Cari dan Bandingkan KTA Terbaik !

Bagikan Melalui

Daftar Isi

Berlangganan Duwitmu

Komentar (0 Komentar)

Tulis Komentar - Balasan untuk Tito Shadam

Email Anda tidak akan di publish

Batalkan Membalas

Captcha Wajib Diisi

Artikel Terkait