Silakan masukkan kata kunci pada kolom pencarian

Pengalaman Pakai Bareksa | Investasi Reksadana Online Terbaik

Daftar Isi

Pengalaman Pakai Bareksa | Investasi Reksadana Online Terbaik

Di zaman serba digital sekarang, proses investasi semakin dimudahkan. Salah satunya ialah dengan menggunakan aplikasi Reksadana online Bareksa. Kita akan review pengalaman menggunakan Bareksa. Apa fiturnya, kelebihannya, serta keamanannya.

Investasi penting untuk mencapai tujuan keuangan. Bisa untuk anak sekolah, beli mobil, dp rumah, dan lain - lain.

Hanya saja masalahnya, tidak mudah buat kita untuk dapat memulai berinvestasi. Uang saja tidak cukup untuk bisa memulai investasi yang efektif, kita perlu juga tahu mau dibelikan instrumen investasi apa, seberapa besar resikonya, berapa returnnya, dan jika sudah ditempatkan bagaimana memonitor kinerja investasi tersebut.

Untungnya di era digital seperti sekarang ini, aplikasi investasi yang mudah, terjangkau dan user friendly sudah banyak hadir, salah satunya ialah Bareksa.

Apa itu Bareka

Bareksa adalah portal investasi terintegrasi di Indonesia yang didirikan pada tanggal 17 Februari 2013 di bawah naungan PT Bareksa Portal Investasi. Bareksa memiliki berbagai macam produk pilihan investasi, yaitu Reksadana, SBN, Emas, dan Umroh. Selain itu, Bareksa juga memberikan layanan data dan alat investasi, berita dan analisis, dan komunitas investor.

Sebagai pionir platform investasi di Indonesia yang sudah berjalan 8 tahun dan meraih berbagai penghargaan, Bareksa terbukti amanah menjaga kepercayaan 2,5 jutaan investor.

Apakah Bareksa aman? Penipuan atau bukan?

Terdaftar dan diawasi oleh OJK. Bareksa aplikasi investasi yang memiliki lisensi APERD dari OJK

Bareksa tidak menyimpan dana investor. Seluruh dana investor disimpan secara aman di Bank Kustodian (semua produk reksadana), Bank Sub Registry (SBN), dan PT Pegadaian.

Dana investasi hanya dapat dicairkan ke rekening bank atas nama investor. Maka, tidak ada pihak yang dapat mencairkan dana selain investor itu sendiri.

Fitur dalam Bareksa

Dari pengalaman menggunakan aplikasi Reksadana ini, kami mendapatkan sejumlah fitur di dalamnya:

1. Memilih Reksadana Jadi Mudah Sekali

Bareksa memiliki fitur untuk bisa menyortir atau memfilter kriteria sesuai dengan produk yang diinginkan. Beberapa fitur yang ada adalah Barometer tertinggi. Nama A-Z, imbal hasil tertinggi dan dana kelolaan tertinggi.

Selain itu, kita juga bisa memilih produk-produk syariah saja untuk ditampilkan, mencari reksadana dengan minimal pembelian tertentu, atau hanya dengan langsung memilih produk dari manajer investasi yang diinginkan.

Kriteria sortir yang disediakan ini sangat membantu bagi para investor yang ingin memilih berbagai macam reksadana. Terlebih lagi untuk investor yang memiliki keterbatasan dana, maka bisa menggunakan filter pembelian minimal, misalnya dengan harga 10.000 rupiah.

Untuk kita yang ingin membeli reksadana dan mendapatkan imbalan atau keuntungan dengan hasil tertinggi selama satu tahun terakhir, bisa juga menampilkan pilihan menggunakan fitur ini.

Tentu saja, kita harus tahu bahwa kinerja yang ditampilkan adalah masa lalu, yang mana dalam investasi, kinerja masa lalu tidak menjamin kinerja masa depan.

2. Canggihnya Robo Advisor Bareksa

Bareksa memiliki fitur baru yang sangat modern

BaTaRa atau Bareksa Tactical Robo Advisor ini diluncurkan sebagai robo advisor yang telah diuji selama 9 bulan lamanya.

Singkatnya, Robo Advisor adalah teknologi AI untuk membantu investor memilih jenis reksadana yang paling cocok dengan profil risiko dan tujuan keuangan.

Jika, selama ini, investor harus pusing memilih alokasi reksadana yang paling tepat, maka sekarang dengan bantuan teknologi dan riset, Robo Advisor bisa melakukan alokasi pemilihan reksadana secara otomatis dengan hasil yang lebih akurat.

Fitur ini diharapkan dapat lebih membantu setiap investor dalam melakukan pembelian reksadana. Robo Advisor mampu membaca dan menganalisis profil risiko investor dan jangka waktu investasi yang sesuai.

Robo Advisor ini bisa menggolongkan tipe investor dilihat dari keputusan yang diambil pada beberapa situasi. Rekomendasi jenis dan lainnya nanti akan muncul sebagai saran bagi para investor.

Selain itu, kita juga bisa memperkirakan alokasi yang akan digunakan dari rekomendasi fitur ini. Meski sudah memilih produk investasi yang diinginkan, kita masih bisa mengubah komposisi dan nominal yang akan digunakan.

Robo Advisor mampu mendeteksi pergerakan pasar investasi ketika dalam keadaan tidak stabil. Sehingga, hal ini akan sangat menguntungkan dan memberi peringatan pada investor untuk mengambil keputusan segera.

3. Perbandingan dan Simulasi Investasi 

Jika ingin membandingkan hasil dari menempatkan di produk reksadana dengan simpanan di rekening tabungan, kita bisa melihat perkiraannya menggunakan fitur perbandingan dan simulasi investasi.

Dengan begitu, kita bisa melihat perkiraan dana yang akan dihasilkan pada kurun waktu tertentu. Meski yang nantinya muncul bukan angka pasti, setidaknya ada gambaran mengenai keuntungan atau kerugian yang di akhir investasi.

Dari simulasi, kita juga bisa menyusun portofolio investasi yang paling sesuai dengan tujuan keuangan yang hendak dicapai.

4. Ganti Reksadana Mudah, Cukup dengan Fitur Switching 

Switching produk adalah fitur yang membantu kita untuk memindahkan nominal reksadana dari satu produk ke produk lainnya. Switching ini dapat dilakukan pada produk reksadana dengan MI yang sama.

Contohnya kita berinvestasi di produk A, kemudian ingin memindahkan sebagian dananya dari reksadana pasar uang ke reksa dana saham. Jika reksa dana saham sama-sama dari perusahaan A maka nominal kita bisa dipindahkan.

Tetapi, jika MI yang kita inginkan berbeda maka fitur ini tidak bisa digunakan. kita tetap harus menjual terlebih dahulu produk yang dibeli, kemudian berpindah membeli produk lainnya dari reksadana yang diinginkan.

5. Promo Cashback

Promo cashback memberikan keuntungan bagi konsumen di Bareksa. 

Promo yang disediakan biasanya beragam dan berbeda-beda. Kita hanya perlu mengklik banner yang muncul untuk mengetahuinya lebih detail.

Berbagai promo yang baru dan menggiurkan biasanya muncul ketika tanggal-tanggal gajian dengan nominal tertentu yang bisa digunakan investor untuk melakukan pembelian reksadana. 

Semua informasi promo ini tertera secara lengkap di aplikasi tanpa harus membuka situs lain.

6. Bisa investasi SBN (Surat Berharga Negara)

Selain menyediakan pilihan investasi di reksadana, Bareksa juga menyediakan pembelian SBN. Biasanya ada event khusus untuk penawaran SBN, seperti penawaran ORI021 lalu yang dapat dibeli langsung di aplikasi.

Keunggulan Menggunakan Aplikasi Bareksa

Dari pengalaman memakai aplikasi ini, kami bisa merasakan kelebihan produk ini dibandingkan aplikasi reksadana online lain, yaitu:

1. Surganya Investasi Reksadana

Aplikasi Bareksa memberi kemudahan pada setiap penggunanya untuk melakukan berbagai transaksi mulai dari topup reksadana, beli, dan jual produk. Semua  bisa dilakukan termasuk melakukan switch dana dengan MI yang sama. Mudah sekali berinvestasi reksadana di Bareksa.

2. Banyak Pilihan Instrumen Investasi

150+ pilihan produk investasi reksadana. Pilihan produk investasi beragam, mulai dari Reksadana, Robo Advisor, Tabungan Umroh, SBN, hingga Emas. Bebas pilih produk investasi reksadana syariah dan konvensional terbaik di Indonesia. 

Bingung memilih? Simulasikan produk pilihanmu atau pilih dari halaman Top Product yang dievaluasi secara rutin oleh Bareksa.

3. Minimum Investasi Terjangkau

Bisa investasi mulai dari Rp10 ribu saja. Selain itu, metode pembayarannya pun bisa dilakukan dengan berbagai cara mulai dari e-wallet seperti LinkAja dan OVO. Bisa juga menggunakan akun mobile banking dari berbagai perusahan perbankan di Indonesia.

4. Buka Rekening Online dan Mudah

Pendaftaran cukup 5 menit dan hanya butuh KTP dan nomor rekening. Proses 100% online, jadi bisa dilakukan kapan dan dari mana saja. Registrasi tanpa dokumen fisik dalam hitungan menit sudah bisa investasi reksadana dan SBN.

5. Aplikasi Nyaman Digunakan

Bareksa juga memiliki performa yang sangat baik. Login bisa dilakukan dengan biometric face ID. Sehingga, memudahkan proses login tanpa perlu mengetik atau memasukan pin lainnya dan bisa terlogout sendiri ketika tidak digunakan dalam waktu yang lama. 

Kesimpulan

Investasi adalah keharusan di era saat ini. Sulit untuk bisa mencapai tujuan keuangan, tanpa melakukan investasi.

Kemajuan teknologi fintech memungkinkan kita melakukan proses investasi reksadana secara online, mudah, dan terjangkau. 

Aplikasi Bareksa menawarkan fasilitas tersebut, yang tidak hanya terjamin keamanannya, tetapi juga gampang, minimum investasi kecil dan banyak pilihan instrumen di dalamnya.

Bagikan Melalui

Daftar Isi

Berlangganan Duwitmu

Komentar (0 Komentar)

Tulis Komentar - Balasan untuk Tito Shadam

Email Anda tidak akan di publish

Batalkan Membalas

Captcha Wajib Diisi

Artikel Terkait