Silakan masukkan kata kunci pada kolom pencarian

Cara Menjaga Hubungan Harmonis antar Karyawan di Perusahaan Anda

Daftar Isi

Cara Menjaga Hubungan Harmonis antar Karyawan di Perusahaan Anda

Salah satu tantangan dalam memulai usaha sendiri adalah kelangsungan hidup perusahaan itu sendiri, perusahaan yang didalamnya memiliki hubungan yang harmonis cenderung lebih “awet” dibandingkan dengan perusahaan yang tidak harmonis. Hubungan yang harmonis ini bisa antara pimpinan dan karyawan dan juga antar karyawan itu sendiri.

Solusi BCA


Perusahaan dengan tingkat turn-over karyawan yang tinggi tentunya dapat merugikan perusahaan, karena perusahaan akan mengeluarkan biaya untuk mencari karyawan baru, tidak sampai situ saja, perusahaan juga perlu mengeluarkan biaya untuk melatih karyawan tersebut.

Sumber: http://www.slideshare.net/SolusiBCA/pentingnya-hubungan-harmonis-dalam-perusahaan

Mengatur perusahaan bisa diibaratkan sedang mengadakan konser orkestra:

  • Pimpinan perusahaan yaitu Anda sebagai konduktor, menjaga tempo dan harmonisasi memastikan agar konser tersebut dapat menghasilkan alunan musik yang spektakuler.
  • Karyawan sebagai musisi yang memainkan alat musik, menghasilkan musik yang indah.
  • Not dalam partitur sebagai visi misi dari perusahaan Anda.
  • Lagu yang dimainkan adalah produk/jasa dari perusahaan Anda.
  • Penonton adalah klien atau konsumen Anda.
  • Apresiasi berupa tepuk tangan, atau bahkan standing applause adalah tujuan dari perusahaan Anda.

Sukses atau tidaknya konser tersebut membutuhkan kerja keras dari semua orang yang ada di dalamnya dan sudah pasti didalamnya dituntut hubungan yang harmonis.
 

Baca jugaCara Memilih Perumahan Terbaik
 

Apa saja kiat untuk membuat hubungan yang harmonis di dalam perusahaan?

1. Saling Menghargai dan Menghormati

Perusahaan yang menumbuhkan sikap saling menghargai dan menghormati tentunya akan membuat hubungan dalam perusahaan itu menjadi baik. Semua orang ingin dihargai, termasuk Anda bukan? Sikap saling menghargai dan menghormati ini bisa tercermin dari mudahnya karyawan dalam memberikan aspirasinya, selain itu perlu juga saling menghargai dan menghormati peran karyawan dan pimpinan dalam perusahaan.

2. Keterbukaan

Anda tidak perlu membuka ada yang menjadi rahasia dapur anda kepada karyawan, yang dimaksud keterbukaan disini adalah karyawan dapat mengetahui perkembangan perusahaan sehingga karyawan tidak merasa ada yang ditutup-tutupi oleh perusahaan. Dengan terbuka kepada karyawan, maka karyawan dapat merasa nyaman dan tentunya mereka akan berjuang sekuat tenaganya untuk perusahaan.

3. Komunikasi yang Baik

Perusahaan yang sukses salah satu cirinya adalah dikenal oleh masyarakat umum, nah bagaimana caranya agar bisa dikenal? Tentunya perusahaan harus memiliki hubungan/komunikasi yang baik dengan media massa. Komunikasi eksternal tersebut bisa juga diaplikasikan di dalam perusahan, istilahnya adalah internal communication. Perusahaan dapat memberikan informasi terbaru pada karyawan melalui media seperti mading/majalah dinding, majalah perusahaan bahkan dengan mengirimkan email kepada karyawan.

Jika Anda sudah melakukan hal diatas, sudah pasti akan terjalin hubungan yang harmonis dalam perusahaan Anda, oh ya untuk melengkapi artikel ini saya sertakan juga slide yang sangat bagus yang berhubungan dengan harmonisasi dalam perusahaan:

Pentingnya Hubungan Harmonis dalam Perusahaan from Bank Central Asia

Selamat mencoba!

Bagikan Melalui

Daftar Isi

Berlangganan Duwitmu

Komentar (13 Komentar)

Tulis Komentar - Balasan untuk Tito Shadam

Email Anda tidak akan di publish

Batalkan Membalas

Captcha Wajib Diisi

Artikel Terkait