Silakan masukkan kata kunci pada kolom pencarian

Perusahaan Multifinance Terbesar Terbaik di Indonesia 2022

Daftar Isi

Perusahaan Multifinance Terbesar Terbaik di Indonesia 2021 2022

Di Indonesia, keberadaan perusahaan multifinance dianggap cukup membantu para pengusaha dalam memenuhi modal dana untuk berjalannya suatu bisnis. Apa perusahaan multifinance terbaik dan terbesar di Indonesia ?

Tidak hanya pengembangan bisnis namun multifinance juga menyediakan layanan pembiayaan pembelian kendaraan Untuk itu, wajar saja jika banyak masyarakat yang mencari rekomendasi perusahaan multifinance terbaik di Indonesia untuk menunjang kebutuhan.

Dalam artikel ini, Anda bisa menemukan rekomendasi perusahaan multifinance terbaik di Indonesia. 

Pengertian Multifinance 

Multifinance adalah perusahaan pembiayaan non perbankan yang melayani pengajuan pinjaman untuk pembelian barang dengan nilai yang cukup tinggi.

Meskipun bukan perusahaan perbankan, Anda tidak perlu ragu untuk mengajukan pinjaman di multifinance karena OJK telah mengatur regulasi tentang operasional multifinance di Indonesia. 

Dalam pengajuan pinjaman ke multifinance, calon nasabah diharuskan mengumpulkan berbagai dokumen yang diperlukan dan bersedia untuk dikunjungi ke tempat tinggalnya sebagai bagian dari pertimbangan pencairan pinjaman.

Jika pengajuan pinjaman diterima, nasabah akan mendapatkan pemberitahuan untuk melakukan transaksi barang yang berencana untuk dibeli dan selanjutnya wajib untuk melakukan pembayaran pada multifinance sesuai dengan plafon pinjaman yang telah disepakati.

Multifinance melayani nasabah individu maupun perusahaan. 

Jenis Multifinance

Berencana menggunakan multifinance terbaik untuk membeli barang impian? Ketahui berbagai jenis perusahaan multifinance berikut.

A. Multifinance Pembiayaan Kendaraan Bermotor

Banyak masyarakat yang mengeluhkan tingginya harga kendaraan bermotor. Padahal, kita memahami bahwa masyarakat membutuhkan kendaraan bermotor untuk menunjang aktivitasnya sehari-hari. 

Sebagai solusi, multifinance pembiayaan kendaraan bermotor hadir untuk membantu masyarakat memiliki kendaraan. Tanyakan pada dealer mobil/motor tentang info multifinance yang tersedia jika Anda berencana membeli kendaraan bermotor. 

B. Multifinance Pembiayaan Alat Berat

Alat berat seringkali dibutuhkan untuk berbagai sektor bisnis skala menengah. Sementara itu, alat berat umumnya dijual dengan harga yang tinggi dan dalam stok yang terbatas. Untuk itu, pemilik perusahaan yang membutuhkan pembelian alat berat disarankan untuk menggunakan layanan multifinance pembiayaan yang satu ini. 

C. Multifinance Pembiayaan Barang Elektronik Rumah Tangga

Semakin hari, semakin ada saja inovasi teknologi yang dimiliki oleh barang elektronik maupun barang rumah tangga. Namun, inovasi tersebut juga hadir dengan biaya yang cukup tinggi. Jika Anda ingin membeli barang elektronik maupun barang rumah tangga idaman, multifinance siap melayani pembiayaannya. 

10+ Multifinance Terbaik di Indonesia

Inilah berbagai multifinance terbaik di Indonesia. 

1. Sinarmas Multifinance

Sinarmas Multifinance adalah perusahaan multifinance yang menawarkan pembiayaan pembelian mobil bekas dan sewa guna. Multifinance ini menawarkan nominal pembiayaan mulai dari Rp 20.000.000,- hingga Rp 2.000.000.000 dengan tenor 4 tahun. 

Sinarmas Multifinance unggul dalam proses persetujuan yang diberikan untuk nasabah, yaitu hanya dalam 4 hari kerja. 

2. Mandala Multifinance

Mandala Multifinance juga dikenal sebagai PT. Mandala Finance. Jangan ragu untuk mengajukan pembiayaan di perusahaan ini karena telah terdaftar dan diawasi OJK. Perusahaan ini menawarkan pembiayaan untuk kendaraan bermotor, kredit multiguna, dan pembelian barang elektronik dan furnitur. Dengan memilih multifinance ini, nasabah bisa menikmati banyaknya pilihan pembayaran cicilan baik secara online melalui Shopee, Tokopedia, dan Dana, maupun online melalui Kantor Pos, Alfamart, dan Indomaret.

3. BCA Multifinance

Jika Anda berencana membeli kendaraan bermotor, BCA Multifinance wajib masuk ke dalam pilihan multifinance yang dipertimbangkan. Multifinance ini menyediakan berbagai macam layanan pembiayaan, yaitu, Kredit Pemilikan Motor, Kredit Sepeda Motor, Kredit Motor Bekas, dan Kredit Mobil Seken. 

Nasabah bisa melakukan pembayaran dengan DP lalu disesuaikan dengan tenor yang tersedia.

Nasabah BCA yang memilih BCA Multifinance bisa membayar cicilan melalui fitur BCA autodebet. 

4. CIMB Niaga Auto Finance

CIMB Niaga Auto Finance juga dikenal dengan nama CNAF. CNAF hadir untuk memenuhi kebutuhan pinjaman masyarakat melalui layanan pembiayaan mobil baru, pembiayaan mobil bekas, pembiayaan multiguna, dan bahkan pembiayaan haji. 

Untuk mengajukan pembiayaan, calon nasabah hanya perlu download aplikasi CNAF mobile dan mengajukannya secara online. Dengan begitu, calon nasabah tinggal menunggu data diproses hanya dalam waktu 1 jam!

CIMB Niaga Finance menawarkan kemudahan untuk memiliki kendaraan mobil baru (new car) dan mobil bekas berbagai merek dengan persyaratan kredit mudah, tenor yang disesuaikan, melalui jaringan pelayanan di 36 cabang di Indonesia serta sistem penyimpanan BPKB yang aman. CIMB Niaga Finance pun memiliki dua sistem pembiayaan yang dapat dipilih nasabah (konvensional dan syariah).

CIMB Niaga Finance juga menawarkan kemudahan untuk memberikan dana tunai dengan menjadikan BPKB nasabah sebagai agunan dengan persyaratan kredit yang mudah, tenor yang disesuaikan dengan sistem penyimpanan BPKB yang aman.

5. Maybank Indonesia Finance

Maybank memberikan kemudahan pengajuan pembiayaan bagi calon nasabah melalui aplikasi Maybank Finance. Dalam aplikasi tersebut, calon nasabah individu maupun perusahaan bisa mengunggah data diri dan memilih jenis pembiayaan dalam langkah-langkah mudah. 

Jenis pembiayaan yang tersedia dalam Maybank Indonesia finance antara lain; pembiayaan mobil baru, mobil bekas, fleet, multiguna, alat berat dan mesin, Kredit Kepemilikan Mobil, dan pembiayaan syariah. Tenor tersedia dalam jangka waktu 4 tahun untuk seluruh layanan tersebut.

6. Summit Oto Finance

Summit Oto Finance disebut juga sebagai Oto Finance dan telah terdaftar dan diawasi OJK. Multifinance ini melayani pembiayaan kendaraan bermotor yang meliputi motor baru dan motor bekas dan pinjaman dana tunai. 

Dalam situsnya, Oto Finance mengklaim bahwa proses pengajuan bisa dilakukan dalam 1 hari dan menyediakan beragam pilihan pembayaran, baik secara online maupun offline. 

7. Astra Credit Companies

Astra Credit Companies atau biasa disingkat dengan ACC adalah perusahaan pembiayaan mobil dan alat berat. Sesuai dengan Peraturan Otoritas Jasa Keuangan No. 29/POJK.05/2014 ACC melakukan perluasan usaha di bidang Pembiayaan Investasi, Pembiayaan Modal Kerja, Pembiayaan Multiguna dan Sewa Operasi (Operating Lease), baik dengan skema konvensional maupun syariah. PT Astra Sedaya Finance yang merupakan cikal bakal ACC berdiri pada 15 Juli 1982 dengan nama PT Rahardja Sedaya, didirikan guna mendukung bisnis otomotif kelompok Astra.

ACC menyediakan fasilitas pembiayaan untuk pembelian mobil dan alat berat dalam kondisi baru ataupun bekas serta fasilitas Pembiayaan Investasi, Pembiayaan Modal Kerja, Pembiayaan Multiguna dan Sewa Operasi (Operating Lease).ACC juga mendukung penjualan mobil melalui jaringan dealer, showroom maupun perseorangan di seluruh wilayah Indonesia. Jaringan ACC tersebar di hampir seluruh kota besar di Indonesia. Saat ini ACC memiliki 75 kantor cabang yang tersebar di 59 kota di Indonesia, dan akan terus bertambah.

ACC menawarkan kemudahan memiliki kendaraan baru bagi pelanggan dari berbagai jenis kendaraan ( pick up, truck, sedan, minibus dan jeep), dengan syarat kredit mudah dan fleksibel, uang muka ringan, serta jangka waktu kredit yang dapat disesuaikan dengan kemampuan pelanggan. ACC menyediakan sistem pembiayaan dengan pilihan konvensional dan syariah.

Tidak hanya membiayai kendaraan baru, ACC pun memfasilitasi pembiayaan mobil bekas semua merk dengan Usia kendaraan hingga 15 tahun, pada saat tenor lunas, BPKB dapat langsung dibawa pulang saat pelunasan, Tanpa provisi, dan ACC menyediakan sistem pembiayaan dengan pilihan konvensional dan syariah.

Divisi FLEET COMMERCIAL & BUSINESS di ACC menyediakan berbagai macam fasilitas pembiayaan seperti Pembiayaan alat berat (baru/bekas), Pembiayaan kendaraan transportasi dan distribusi perusahaan (baru/bekas), Pembiayaan kendaraan operasional perusahaan (baru/bekas), Pembiayaan COP (car ownership program) perusahaan, dan Pembiayaan alat bantu industri dan manufaktur, seperti forklift, traktor dan lain-lain.

8. Indomobil Finance Indonesia

Meskipun memiliki kata “mobil” di dalamnya, Indomobil tidak hanya melayani pembiayaan kendaraan bermotor namun juga pembiayaan lain, yaitu; pembiayaan mikro, multiguna, properti, kendaraan niaga, alat berat, mobil, dan motor. Sebagai salah satu multifinance terbaik, Indomobil Finance Indonesia menghadirkan kemudahan melalui aplikasi IMFI EZ For you. 

Dalam aplikasi tersebut, nasabah bisa mengakses info angsuran, simulasi kredit, berita terkini, reservasi pengambilan BPKB, dan promo menarik. 

9. BFI Finance Indonesia

BFI Finance cukup populer bagi masyarakat dan sering direkomendasikan sebagai multifinance terbaik. PT BFI Finance Indonesia Tbk (BFI Finance) berdiri pada 1982 dan saat ini, 42,8% saham BFI Finance dimiliki oleh konsorsium Trinugraha Capital SA (yang antara lain terdiri dari TPG dan Northstar Group). Sisanya dimiliki oleh pemegang saham institusi lokal dan internasional serta pemegang saham publik.

Produk yang ditawarkan adalah jaminan BPKB motor, mobil, dan rumah. Dana pencairan hingga 85% dari nilai kendaraan dan tenor hingga 3 tahun dengan minimum pinjaman mulai dari Rp 10 Juta, Bunga rendah mulai dari 0,95% flat per bulan, Tenor mulai dari 12 bulan sampai 48 bulan, Suku bunga per tahun mulai dari 11,5%; Proses cepat 2 hari kerja dana cair dan Domisili seluruh Indonesia, kecuali Aceh.

Calon nasabah bisa mengajukan pembiayaan dengan tahapan pengisian formulir, pengajuan pembiayaan, konfirmasi melalui call center, verifikasi dokumen, kemudian pencairan pembiayaan. Untuk mengajukan pembiayaan, calon nasabah bisa menggunakan BPKB sebagai jaminannya. 

10. Adira Dinamika Multi Finance

Perusahaan ini juga dikenal sebagai Adira Finance oleh masyarakat Indonesia dan menyediakan layanan seperti; kredit mobil baru, mobil bekas, motor baru, motor bekas, barang elektronik dan furniture, dan kredit multiguna jasa. 

Tidak hanya layanan pembiayaan konvensional, Adira Finance juga menyediakan pembiayaan syariah berupa; pembiayaan mobil syariah, pembiayaan motor syariah, pembiayaan elektronik syariah, dan pembiayaan syariah umrah. 

Adira Finance memberikan Program KUA (Kredit Usaha Anda) melalui 2 jenis produk pembiayaan: Fasilitas Modal Usaha untuk pembiayaan modal kerja sampai dengan Rp 500 juta dan Sale and Leaseback untuk pembiayaan modal kerja atau investasi di atas Rp 500 juta.

11. FIF

PT Federal International Finance (“FIFGROUP”) didirikan dengan nama PT Mitrapusaka Artha Finance pada bulan Mei 1989. 

Pada tahun 1991, Perusahaan merubah nama menjadi PT Federal International Finance. Namun seiring dengan perkembangan waktu dan guna memenuhi permintaan pasar, Perseroan mulai memfokuskan diri ke pembiayaan sepeda motor Honda pada bidang pembiayaan konsumen secara retail pada tahun 1996. 

Pada mei 2013, Perusahaan meluncurkan merek FIFGROUP. Saat ini berdasarkan Peraturan Otoritas Jasa Keuangan Nomor 29/POJK.05/2014, maka bidang usaha FIFGROUP adalah:

Pembiayaan Investasi; Pembiayaan Modal Kerja; Pembiayaan Multiguna, Sewa Operasi (Operating Lease) dan/atau kegiatan berbasis fee; Pembiayaan Syariah meliputi Pembiayaan Jual Beli, Pembiayaan Investasi, dan/atau Pembiayaan Jasa yang dilakukan dengan menggunakan akad berdasarkan prinsip syariah; dan Pembiayaan lain berdasarkan persetujuan Otoritas Jasa Keuangan.

12. Bussan Auto Finance (BAF)

Perjalanan PT Bussan Auto Finance (“Perseroan”) diawali pada tahun 1995 dengan nama PT Pembiayaan Getraco Indonesia sebagai perusahaan yang bergerak dalam bidang pembiayaan, dan menjadi perusahaan joint venture antara PT Danamon Sanggrahan, Mitsui dan Yamaha pada tahun 1997 yang berfokus pada pembiayaan sepeda motor baru Yamaha. 

Seiring pertumbuhan dan perkembangan kebutuhan masyarakat, Bussan Auto Finance (BAF) terus berinovasi untuk menjadi solusi pembiayaan bagi kebutuhan masyarakat. 

BAF  tidak hanya menyediakan produk pembiayaan sepeda motor baru merek Yamaha tetapi juga pembiayaan motor bekas untuk berbagai merek, Dana Syariah yang merupakan produk pembiayaan berbasis syariah, pembiayaan multiproduk yang meliputi peralatan elektronik dan rumah tangga, pembiayaan mesin pertanian, serta pembiayaan mobil baru untuk berbagai merek.

Kegiatan usaha per 31 Desember 2019, Perseroan BAF telah beroperasi di 246 lokasi di seluruh Indonesia, yang terdiri dari 191 kantor cabang dan 55 point of services (“POS”) yang didukung oleh 6.423 karyawan. Perseroan juga telah memperluas jaringan pelayanannya dengan menambah titik-titik pembayaran angsuran melalui kerja sama dengan pihak ketiga yang meliputi jaringan layanan perbankan, gerai ritel dan platform pembayaran elektronik.

Tags

Bagikan Melalui

Daftar Isi

Berlangganan Duwitmu