Pinjaman Online, Investasi, Keuangan, Asuransi | Duwitmu

Daftar Isi

Laku Pandai

Laku Pandai adalah salah satu bentuk branchless banking yang telah beroperasi sejak Maret 2015 di Indonesia mengingat sebagian besar daerah di Indonesia adalah kepulauan namun sudah terakses jaringan telepon. 

Laku Pandai merupakan  jaringan distribusi yang digunakan untuk memberi layanan keuangan di luar kantor-kantor cabang bank melalui teknologi dan jaringan alternatif dengan biaya efektif, efisien, dan dalam kondisi yang aman dan nyaman. 

Hal ini berbeda dengan layanan perbankan digital yang target nasabahnya adalah nasabah yang sudah memiliki pengetahuan memadai dan secara tingkat ekonomi juga lebih baik. Target akhir Laku Pandai adalah perluasan akses dalam layanan keuangan.

Daftar Isi

Manfaat

Salah satu alasan pentingnya implementasi layanan Laku Pandai adalah masih rendahnya akses masyarakat terhadap layanan jasa keuangan formal. 

  • Laku Pandai merupakan solusi untuk memberikan akses perbankan kepada masyarakat yang mungkin berada pada level pendidikan rendah atau tingkat pengetahuan yang terbatas atau sering disebut unbankable society. 
  • Layanan Laku Pandai menjadi solusi untuk menjangkau masyarakat yang tinggal di daerah pelosok, dengan berbagai kondisi geografis. 

Di Indonesia, banyak daerah yang sulit diakses dengan kendaraan bermotor. Tak sedikit masyarakat yang harus menempuh perjalanan selama beberapa jam atau berhari-hari untuk mendatangi kantor cabang sebuah bank.

Cara Kerja

Secara teknis layanan Laku Pandai didukung dengan teknologi mobile dan keberadaan agen Layanan Laku Pandai merupakan kombinasi antara agent banking dan mobile banking.

a. Agent Banking

Agent banking adalah kegiatan usaha non-bank, termasuk agen keliling, atau warung dan toko yang membantu bank memberikan layanan perbankan kepada masyarakat. 

b. Mobile Banking

Mobile banking adalah akses layanan perbankan melalui telepon seluler (ponsel). Masyarakat yang menggunakan layanan Laku Pandai dapat memanfaatkan teknologi perangkat seluler, dimulai dari ponsel sederhana. 

Komponen penting lainnya adalah seorang agen. Jika ia seorang agen keliling, ia diharuskan proaktif melakukan “jemput bola” ke rumah nasabah untuk membantu membuka rekening, transfer dana, setor dan tarik tabungan, membayar tagihan listrik, membeli pulsa telepon, serta membayar premi asuransi dan lain-lain.