Pinjaman Online, Investasi, Keuangan, Asuransi | Duwitmu

Daftar Isi

Kontrak Berjangka Futures

Kontrak Berjangka atau Futures adalah suatu perjanjian yang mewajibkan para pihak untuk membeli atau menjual sejumlah Underlying pada harga dan dalam waktu tertentu di masa yang akan datang.

Isi dari kontrak futures adalah sebagai berikut:

  • Pembeli Futures setuju untuk membeli sesuatu (suatu komoditi atau aset tertentu) dari penjual Futures dalam jumlah tertentu, dengan harga tertentu, dan pada batas waktu yang ditentukan dalam kontrak 
  • Penjual Futures setuju untuk menjual  sesuatu (suatu komoditi atau aset tertentu) kepada pembeli Futures dalam jumlah tertentu, dengan harga tertentu, dan pada batas waktu yang ditentukan dalam kontrak.

Dari pengertian diatas, kontrak futures dapat didefinisikan juga sebagai suatu kesepakatan kontrak tertulis antara dua pihak (pembeli dan penjual) untuk melakukan dan menerima penyerahan sejumlah aset/komoditi dalam jumlah, harga dan batas waktu tertentu.

Dalam perkembangan perdagangan futures, aset atau komoditi yang dapat diperjualbelikan tidak hanya terbatas padaa komoditi pertanian atau pertambangana saja, tetapi juga mencakup aset finansial, seperti valuta asing atau indeks pasar.

Contohnya, perdagangan kontrak berjangka di Indonesia adalah di Bursa Efek Indonesia, yaitu Indeks saham.

Perdagangan Kontrak Berjangka

Kontrak berjangka merupakan salah satu instrumen keuangan yang diperdagangkan di Bursa Efek Indonesia (BEI). Futures termasuk salah satu instrumen Derivatif di BEI

Pasar Kontrak Berjangka di BEI adalah pasar dimana perdagangan Kontrak Berjangka di Bursa dilaksanakan berdasarkan proses tawar-menawar secara lelang yang berkesinambungan (continuous auction market) oleh Anggota Bursa Efek.

Anggota Bursa Efek yang melakukan transaksi Kontrak Berjangka wajib melaksanakan transaksi tersebut di Bursa melalui JATS

Contoh Kontrak Berjangka

Beberapa contoh kontrak berjangka yang diperdagangkan di BEI adalah:

a. IDX LQ45 Futures

IDX LQ45 Futures merupakan suatu perjanjian yang mewajibkan para pihak untuk membeli atau menjual sejumlah Underlying pada harga dan dalam waktu tertentu di masa yang akan datang. 

LQ45 Futures menggunakan underlying indeks LQ45, LQ45 telah dikenal sebagai benchmark saham-saham di Pasar Modal Indonesia. Di tengah perkembangan yang cepat di pasar modal Indonesia, indeks LQ45 dapat menjadi alat yang cukup efektif dalam rangka melakukan tracking secara keseluruhan dari pasar saham di Indonesia. 

b. Basket Bond Futures

Kontrak Berjangka Sekumpulan Surat Utang Negara (KBSSUN) / Basket Bond Futures (BBF) adalah suatu perjanjian yang mewajibkan para pihak untuk membeli atau menjual Sekumpulan Surat Utang Negara pada harga dan dalam waktu tertentu di masa yang akan datang.

Mengingat perkembangan pasar surat utang di Indonesia saat ini cukup pesat serta nilai outstanding yang besar, terutama pada surat utang pemerintah, maka dibutuhkan instrumen lindung nilai untuk Pasar Surat Utang Negara. Hal ini termasuk untuk Investor atau Dealer Utama.

c. Indonesia Government Bond Futures

Kontrak Berjangka Surat Utang Negara (KBSUN) / Indonesia Government Bond Futures (IGBF) adalah suatu perjanjian yang mewajibkan para pihak untuk membeli atau menjual sejumlah Surat Utang Negara pada harga dan dalam waktu tertentu di masa yang akan datang.

Berdasarkan catatan yang pada laporan DJPPR bulan Januari 2017, Total Surat Utang Negara di Indonesia adalah Rp1.554,92 Triliun. Posisi SUN Seri Benchmark Rp.167,87 Triliun, 62% didominasi oleh SUN tenor 5 dan 10 tahun. Dengan jumlah yang sangat besar, Indonesia secara signifikan membutuhkan instrumen lindung nilai untuk Pasar Surat Utang Negara. Hal ini termasuk untuk Emiten dan Investor / Dealer Utama.

d. IDX30 Futures

Kontrak Berjangka atau Futures adalah kontrak untuk membeli atau menjual suatu underlying (dapat berupa indeks, saham, obligasi, dll) di masa mendatang. Kontrak indeks merupakan kontrak berjangka yang menggunakan underlying berupa indeks saham.

IDX30 Futures merupakan Suatu perjanjian yang mewajibkan para pihak untuk membeli atau menjual sejumlah Underlying pada harga dan dalam waktu tertentu di masa yang akan datang. IDX30 Futures menggunakan underlying indeks IDX30. Indeks IDX30 sendiri merupakan indeks yang berisikan 30 saham yang sudah diseleksi dan dipilih dari saham-saham yang berada di indeks LQ45.