Silakan masukkan kata kunci pada kolom pencarian

Mencari Suku Bunga KPR Murah Setelah Bunga SBI Naik

Daftar Isi

Suku Bunga KPR 2013, Mencari yang Murah Setelah Bunga Naik

Yang punya pinjaman lagi harap-harap cemas melihat naiknya suku bunga KPR yang sebentar lagi berimbas pada pembayaran cicilan kredit rumah yang lebih mahal. Yang punya rencana beli rumah pakai kredit sama juga, bisa gak ya bayar cicilan yang lebih mahal. Dua-duanya punya pertanyaan yang sama, suku bunga KPR di bank mana yang masih murah?

Sejak ekonomi mulai bergejolak di pertengahan tahun ini, Bank Indonesia sudah mengerek naik bunga acuan tiga kali. Sampai yang terakhir bunga acuan naik ke 7.25%. Cost of fund, atau biaya mengumpulkan dana yang harus dibayar bank, ikutan naik.

Akibatnya, suku bunga pinjaman ikut naik, termasuk KPR.

Dapatkan  - GRATIS Panduan Mengambil KPR & Excel Menghitung Cicilan KPR.

Untuk melihat bagaimana kondisi suku bunga KPR saat ini, dua minggu berselang, saya melakukan survei ke beberapa bank besar. Bertemu dengan marketing KPR di kantor cabang bank – bank ini. Bertanya soal suku bunga KPR yang baru setelah kenaikan bunga acuan dari BI dan mencari bank yang menawarkan bunga kredit rumah lebih murah dibandingkan yang lain.

Ini hasilnya.

Hasil Survei Kenaikkan Bunga KPR

Secara umum, bank sudah menaikkan suku bunga KPR. Bunga fixed yang sebelumnya berada dikisaran 7% sudah naik ke tingkat 8-9%, sementara bunga mengambang melonjak ke level 12-13% dari sebelumnya di 9-10%.

Baca disini soal bunga KPR fixed vs. bunga KPR mengambang.

Siap – siapa buat Anda yang tidak lama lagi masa bunga fixed-nya berakhir. Bisa dipastikan, cicilan pinjaman akan naik cukup tajam dengan tingginya bunga mengambang yang baru.

Sementara, buat Anda yang merencanakan mengambil rumah dan lagi bersusah payah mengumpulkan uang muka, saran saya simulasi kembali menggunakan suku bunga yang baru, berapa jumlah cicilan KPR  yang harus dibayar.

Pastikan bahwa Anda masih punya cukup kapasitas untuk membayar cicilan, maksimum 35% dari pendapatan.

Simak disini Cara Mengatur Keuangan Rumah Tangga.

Survei Bunga

Tabel dibawah ini merangkum kondisi bunga KPR dari hasil survei yang saya lakukan. Perlu saya ingatkan bahwa kondisi bunga ini mungkin sekali sudah berubah ketika Anda datang ke bank sekarang. Bunga di bank saat ini cepat berubah seiring kondisi ekonomi yang sedang bergoyang lumayan kencang.

Tapi bisa dipastikan, kalaupun bunga KPR berubah, berubahnya naik keatas, bukannya turun selama bunga acuan dari BI masih belum turun.

 
Beberapa catatan dari survei:

  • Survei bunga yang disajikan disini adalah untuk pembelian rumah baru. Untuk kredit rumah bekas, umumnya suku bunga KPR lebih tinggi dibandingkan rumah baru. Walaupun, beberapa bank menerapkan bunga kredit rumah yang sama antara rumah baru dan bekas. Yang jelas, bunga kredit rumah bekas tidak mungkin lebih rendah dari rumah baru.
  • Bunga KPR mengambang berada di kisaran yang cukup tinggi, 12-13%. Hanya KPR BCA yang punya bunga KPR mengambang paling murah dalam survei ini, yaitu 11%.
  • Bunga KPR tetap tahun pertama sudah berada di 8% lebih. KPR BCA kembali yang KPR paling murah untuk fixed tahun pertama, sebesar 8.25%
  • Yang menarik adalah suku bunga Bank Mandiri, yang saat survei dilakukan, tidak memiliki bunga fixed tetapi menerapkan bunga mengambang sepenuhnya. Apakah bunga KPR Mandiri akan terus menggunakan bunga mengambang, saya tidak tahu. Harus dipantau terus perkembangannya karena situasi bisa berubah setiap saat. Hanya saja, dengan bunga mengambang sejak awal masa kredit, kondisinya kurang menguntungkan bagi peminjam karena setiap saat bunga bisa berubah sesuai kebijakan bank.
  • Bunga KPR tetap fixed 5 tahun sudah tidak ditawarkan lagi oleh banyak bank, kecuali BCA. Makin panjang masa bunga fixed sebenarnya makin menguntungkan bagi Anda yang berpendapatan tetap (fixed income earner) seperti karyawan karena sifat gaji yang relatif tetap cocok dengan pembayaran cicilan yang juga tetap jumlahnya. Hilangnya bunga fixed 5 tahun di bank konvensional, sebenarnya membuka peluang buat KPR syariah yang menawarkan cicilan tetap sampai dengan akhir pinjaman.
  • Selain KPR BCA yang memang terkenal punya bunga murah, karena didukung sumber dana murah dari jaringan ATM dan kuatnya transaction banking mereka, KPR  BTN menawarkan bunga yang relatif murah dibandingkan yang lain. Hanya saja, suku bunga bank BTN tidak ada yang fixed dua tahun, terbatas di 1 tahun saja. Namun, dengan bunga mengambang yang juga relatif lebih rendah, KPR BTN bisa jadi pilihan yang menarik dari sisi tingkat suku bunga.
  • KPR Niaga, Bank Permata dan Commonwealth Bank menunjukkan tingkat bunga KPR dalam range yang hampir sama, baik dari tingkat bunga mengambang dan bunga tetap.

Bank mana yang punya suku bunga KPR murah? Tampaknya semua bank yang di survei disini sudah menaikkan bunga KPR mereka. Namun, ada bank yang punya bunga KPR relatif lebih murah dibandingkan yang lain. Ini bisa jadi pilihan Anda.

Saran saya, sebelum memutuskan bank mana yang dipilih, lakukan survei ke beberapa bank dan simulasi untuk mendapatkan cicilan yang paling optimal. Ditengah kenaikkan suku bunga KPR seperti sekarang, mencari tingkat bunga yang relatif rendah adalah kegiatan yang pantas dilakukan sebelum memutuskan mengambil pinjaman rumah. Selamat berburu!

Simak Tulisan KPR terbaru:

Bandingkan KPR Rumah Terbaik !

Perbandingan KPR terbaik untuk pembiayaan rumah berdasarkan berbagai faktor dari berbagai bank.

Bagikan Melalui

Daftar Isi

Berlangganan Duwitmu

Komentar (9 Komentar)

Tulis Komentar - Balasan untuk Tito Shadam

Email Anda tidak akan di publish

Batalkan Membalas

Captcha Wajib Diisi

Artikel Terkait