Silakan masukkan kata kunci pada kolom pencarian

Shopee PayLater Review (2024) Kelebihan Kekurangan, Apa Aman

Daftar Isi

Shopee PayLater Cicilan Tanpa Kartu Kredit

Amankah Shopee Paylater untuk pinjam uang ? Aman karena Shopee kerjasama dengan lembaga keuangan yang punya izin resmi dan legal dari OJK.

Saya dan tim mengajukan kredit di SPaylater dari aplikasi Shopee e-commerce. Dari pengalaman ini, kami mengulas Shopee Pay Later fasilitas kredit cicilan berbelanja di toko online Shopee soal bagaimana menggunakan fasilitas cicilan ini, apa kelebihan dan kelemahan aplikasi ini ? Berapa bunga dan syarat pengajuan yang tanpa kartu kredit.

Kelebihan Shopee Paylater adalah proses pengajuan yang mudah, cepat dan seamless karena terintegrasi dengan aplikasi belanja Shopee serta bunga Shopee PayLater yang lebih murah dibandingkan aplikasi pinjaman online lainnya. 

Namun, kelemahan Shopee PayLater adalah hanya bisa untuk paylater, tidak bisa dana tunai, serta hanya diperuntukkan untuk akun terpilih yang belanja di aplikasi Shopee saja.

Nama - nama, seperti Kredivo, Akulaku, Indodana, adalah penyedia Pay Later yang bukan dari marketplace. Mereka ini perusahaan fintech P2P Lending dan tidak punya relasi dengan e-commerce.

Belakangan ini, e-commerce marketplace mulai menawarkan produk PayLater milik mereka sendiri. Salah satunya adalah Shopee PayLater.

Saya coba menggunakan dan menuliskan pengalaman saya menggunakan Shopee PayLater di tulisan kali ini.

Ringkasan Shopee PayLater

PinjamanShopee PayLater
Bunga2.95%
Tenor12 bulan
Plafon, Limit20 juta
IzinOJK
LegalitasAman
SyaratTanpa kartu Kredit
PersetujuanInstant
Jatuh Tempo Pembayaran5, 11 dan 25 setiap bulan
Cara PembayaranLewat Shopeepay
Cara KerjaCicilan dengan Limit
Penagihan Gagal BayarTelepon, Kunjungan DC Lapangan
Pelunasan, Bayar SebagianBisa dilakukan via aplikasi Shopee

Apa PayLater Shopee Aman,  Legal di OJK

Perlu diketahui bahwa Shopee sendiri bukan lembaga keuangan atau bank, sehingga dalam menyediakan pinjaman Paylater ini mereka kerjasama, dengan:

  • PT Lentera Dana Nusantara untuk pinjaman cicilan 1x untuk tenor 30 hari
  • PT Commerce Finance untuk pembiayaan cicilan 2x, 3x, 6x dan 12x.

Kedua perusahaan ini diawasi legal dan terdaftar di OJK.

Jadi, boleh dikatakan Shopee PayLater adalah fasilitas cicilan yang aman. Punya izin dan terdaftar di OJK

Apa itu Shopee PayLater

Shopee Paylater adalah pinjaman online cicilan tanpa kartu kredit yang aman izin OJK, plafon kredit 15 juta, tenor 12 bulan, proses pengajuan tanpa survei, bunga 2.95%, persetujuan cepat instan.

SPLater adalah fasilitas kredit Pay Later yang terdapat di e-commerce Shopee. Dengan PayLater ini, pembeli di Shopee bisa membeli dengan cicilan tanpa kartu kredit.

Tanpa kartu kredit ini, fitur yang penting, karena selama ini jika mengambil cicilan ke bank, prasyaratnya harus sudah memiliki kartu kredit.

Lalu, apa bedanya SPayLater ini dengan PayLater lainnya?

Karena PayLater ini milik Shopee, proses pengajuan dan penggunaan menjadi lebih mudah dana cepat.

Di PayLater lain, konsumen harus mengajukan dulu di aplikasi yang berada di luar Shopee - pindah dan unduh aplikasi lain. Setelah pengajuan disetujui, konsumen baru bisa menggunakan di Shopee.

Sementara, proses untuk PayLater Shopee diselesaikan semuanya di dalam aplikasi Shopee. Pengguna tidak perlu keluar masuk aplikasi dan langsung bisa menggunakan saat pengajuannya sudah disetujui.

Cara Kerja dan Sistem Shopee PayLater

Cara kerja PayLater ini adalah setelah disetujui nasabah akan mendapatkan limit yang bisa digunakan untuk belanja. Besarnya limit bisa berbeda - beda tergantung keputusan dari pihak Shopee.

Setiap belanja dengan PayLater akan memotong limit dan jika dilakukan pembayaran limit akan kembali. Cara kerjanya persis seperti kartu kredit.

Selama limit masih tersedia dan tidak ada tunggakan pembayaran, fasilitas ini bisa digunakan. Sebaliknya, kalau limit sudah terpakai semua atau ada tunggakan pembayaran, fasilitas tidak bisa dipakai.

Besaran limit setiap pengguna Shopee berbeda-beda. Limit in bisa bertambah secara otomatis berdasarkan konsumsi dan perilaku pembayaran yang anda lakukan. 

Tidak ada minimum transaksi untuk metode pembayaran dalam 1 bulan dan cicilan.

Limit dan Tenor Shopee PayLater

Shopee PayLater memberikan plafon kredit yang bisa digunakan untuk belanja di Shopee, dengan fitur berikut:

  • Plafon limit pinjaman Rp 500 ribu sd Rp 15 juta
  • Tenor cicilan: 1, 2, 3, 6 dan 12 bulan
  • Bisa pilih tanggal jatuh tempo tagihan, tanggal 5, 11 dan 25 setiap bulannya.
  • Bisa mendapatkan peningkatan limit dengan catatan pembayaran yang baik
  • Suku Bunga Kredit cukup bersaing

Untuk plafon dalam aplikasi Shopee disebutkan maksimal Rp 6 juta, tetapi dalam penawaran yang kami terima bisa sampai Rp 15 juta. Kemungkinan perbedaan ini adalah tergantung pada hasil analisa Shopee.

Pengguna dapat menggunakan SPayLater untuk membeli beberapa Produk Digital, seperti: Pulsa, Listrik PLN, Paket Data, BPJS,  Tiket Kereta Api, Telkom, PDAM, Pasca Bayar, Tiket Pesawat, TV Kabel & Internet, Tiket Bus & Travel dan Roaming.

Namun, pengguna tidak dapat menggunakan SPayLater untuk membeli produk dari kategori Voucher, Emas, Uang Elektronik, dan Zakat. 

Limit di SPaylater tidak bisa dicairkan dalam bentuk dana tunai, hanya bisa digunakan untuk berbelanja di Shopee.

Shopeepay vs ShopeePaylater

Shopeepay dan Shopeepaylater berbeda.

Shopeepay adalah dompet di Shopee yang digunakan untuk melakukan pembayaran dan tidak memiliki fasilitas cicilan. Sementara, Shopeepaylater memiliki fasilitas cicilan tanpa kartu kredit.

Jadi, pengguna yang hanya punya Shopeepay tidak bisa membayar dengan kredit.

Limit di Shopee Tidak Cukup, Lalu Bagaimana

Limit SPayLater  dapat berubah sewaktu-waktu sesuai dengan kebijakan Shopee dan riwayat pembayaran tagihan  untuk memastikan layanan SPayLater berjalan dengan lancar.

Jika limit di PayLater Shopee tidak cukup untuk membayar nilai transaksi, maka pengguna harus mengganti dengan cara pembayaran lain atau mengganti nilai barang yang sesuai dengan sisa limit di PayLater.

Bunga Shopee PayLater

Cicilan di SPayLater menerapkan bunga dan sejumlah biaya.

  • Bunga sebesar 2.95% dan mulai berlaku per tanggal 28 April 2020. Suku bunga ini dapat berubah sewaktu-waktu.
  • Biaya penanganan 1% per transaksi jika membayar dengan SPayLater.
  • Biaya denda 5%, apabila terjadi keterlambatan pembayaran.

Penting diperhatikan bahwa denda terlambat cukup besar, bahkan bisa lebih besar dari bunga, sehingga harus diperhatikan.

Persyaratan

Syarat utama Shopee PayLater adalah: punya akun di Shopee, mengaktifkan dan mendapatkan tawaran dari Shopee PayLater.

Betul, Shopee PayLater bersifat undangan, bukan pengajuan. Shopee akan memilih nasabah yang berhak mendapatkan fasilitas Pay Later ini.

Dalam penjelasan di aplikasi Shopee disebutkan “SPayLater hanya dapat diaktifkan oleh Pengguna terpilih melalui aplikasi Shopee. Jika terpilih, Anda akan mendapatkan notifikasi untuk mengaktifkan SPayLater.” 

Bagaimana kriteria Shopee memilih nasabah, kita tidak tahu. Itu menjadi domainnya Shopee.

Namun, meskipun sudah mendapatkan undangan dari Shopee, itu tidak berarti nasabah sudah pasti mendapatkan fasilitas ini. Masih harus mengikuti proses selanjutnya, yang nanti diputuskan oleh Shopee soal persetujuan plafon pinjaman.

Syarat lainnya adalah:

  1. WNI dan usia minimal 17 tahun
  2. Punya KTP
  3. Akun Shopee sudah dibuka minimal 3 bulan
  4. Aktifkan dan verifikasi  Shopee Pay
  5. Aplikasi Shopee pada ponsel adalah versi terbaru

Simulasi Cicilan Pinjaman di Shopee

Penting buat pengguna yang ingin mengambil pinjaman untuk mengetahu besarnya cicilan dan bunga. 

Berikut ini adalah contoh perhitungana cicilan yang akan muncul di aplikasi ketika kita berniat mengambil pinjaman PayLater di Shopee:

  • Nilai kredit: Rp 76,698
  • Cicilan 3x: Rp 27.031/bulan
  • Cicilan 6x: Rp 14.616/bulan
  • Total bunga: 14% dalam waktu 6 bulan atau +2% per bulan
Simulasi Cicilan Pinjaman di Shopee

Kapan Jatuh Tempo Pembayaran di SPaylater

Jatuh tempo di SPaylater tergantung pada tanggal yang dipilih oleh pengguna.

Pengguna akan mendapatkan notifikasi tagihan 10 (sepuluh) hari sebelum tanggal jatuh tempo. 

Rincian tagihan SPayLater akan muncul setiap bulannya pada tanggal 25, tanggal 1 (satu), atau tanggal 15 sesuai dengan periode tagihan yang Anda pilih.

Cara Pembayaran, Pelunasan dan Bayar Sebagian

Pengguna dapat membayar tagihan SPayLater dengan memilih tab Saya pada halaman utama aplikasi Shopee > pilih SPayLater > pilih Bayar Sekarang > Tagihan Bulan Ini > Bayar Sekarang > pilih metode pembayaran > Konfirmasi > Bayar Sekarang > lakukan pembayaran.

Jika pembayaran sudah terverifikasi, pengguna akan mendapatkan notifikasi di bagian Keuangan bahwa pembayaran  telah diterima. Limit SPayLater Anda akan segera dikembalikan maks. 1x24 jam.

Pengguna dapat membayar tagihan SPayLater (Tagihan Umum atau Cicilan) sebelum tagihan muncul pada setiap bulannya, dengan catatan status pesanan  sudah selesai (termasuk Pengembalian Dana).

Kita dapat melakukan pelunasan tagihan bulan berikutnya dengan memilih tab Saya pada halaman utama aplikasi Shopee > pilih SPayLater > pilih Jumlah yang harus dibayar > pilih Tagihan Bulan Depan > pilih pembayaran untuk bulan yang  inginkan > pilih Bayar Sekarang > pilih Metode Pembayaran > Konfirmasi > pilih Bayar Sekarang.

Penagihan Gagal Bayar, DC Lapangan dan Denda Keterlambatan

Keterlambatan pembayaran tagihan SPayLater akan berdampak pada: 

A. Denda

  1. Dikenakan biaya keterlambatan sebesar 5% per bulan dari seluruh total tagihan Anda.
  2. Pembatasan akses fungsi di aplikasi dan penggunaan Voucher Shopee.
  3. Peringkat kredit di SLIK (Sistem Layanan Informasi Keuangan) OJK yang dapat mencegah untuk mendapat pembiayaan dari Bank atau perusahaan lain.
  4. Dilaksanakannya penagihan lapangan.

B. Debt Collector DC Lapangan

Ketika nasabah telat membayar melewati tanggal jatuh tempo, perusahaan fintech seperti Shopee PayLater akan melakukan proses collection, yang terdiri atas:

  • Desk Collection, yakni penagihan-penagihan yang menggunakan sarana- sarana komunikasi termasuk namun tidak terbatas pada telepon, SMS, Whatsapp, email, apps-reminder/robo reminder (pengingat pada aplikasi Penyelenggara sendiri) dan sarana-sarana komunikasi lain;
  • Debt Collector ke rumah, yakni penagihan yang dilakukan secara langsung, melalui kunjungan ke rumah, daerah/tempat domisili Penerima Pinjaman.

Umumnya, fintech menekankan pada proses penagihan melalui telepon di desk collection. Jika nasabah sudah hilang kontak, barulah proses kunjung field collection dilakukan.

Pihak ke-3, agency collection, bisa digunakan, terutama di tahap field collection. Dilakukan sebagai bagian dari efisiensi operasional fintech.

Proses collection di Fintech P2P seperti SPayLater wajib patuh pada kode etik penagihan yang dikeluarkan oleh asosiasi AFPI. Debt Collector DC sebagai pihak ketiga yang digunakan oleh fintech wajib juga mengikuti ketentuan dalam kode etik tersebut.

Meskipun menggunakan DC pihak ketiga, perusahaan fintech tetap harus bertanggung jawab dan mengawasi proses penagihan ke konsumen.

Apa Bisa Pinjam Uang di SPayLater

Tidak bisa pengguna mengajukan pinjaman uang di Shopee PayLater karena produk ini adalah cicilan untuk membiayai pembelian barang. Jadi bukan produk dana tunai.

Untuk pinjam uang tunai, Shopee punya produk lain, yaitu SPinjam.

Namun, ada jalannya untuk bisa mencairkan SPaylater, meskipun tindakan ini sebenarnya tidak diperbolehkan oleh Shopee.

Cara Mencairkan Shopee Paylater ke Gopay, Dana, OVO, LinkAja

Pertanyaan yang muncul adalah apakah kita bisa menarik uang tunai dari Shopee PayLater. Kita tahu bahwa Paylater digunakan untuk belanja barang secara cicilan, sehingga secara teori SPlater tidak bisaa ditarik tunai.

Namun, dalam prakteknya, ternyata, ada trik untuk mencairkan Shopee Paylater menjadi uang tunai ke emoney, seperti GoPay, Dana atau OVO.

Berikut ini langkah - langkahnya:

1. Saldo Shopee PayLater Ada

Kita harus punya saldo Shopee PayLater. Sisa limit tidak boleh nol tetapi masih ada sisa limit  yang bisa digunakan. Limit PayLater bisa dicek lewat  Shopee Pay. 

2. Tentukan Ingin Transfer Kemana

Kita tentukan ingin transfer ke ewallet. Yang bisa dilakukan adalah transfer ke dompet elektronik, seperti GoPay, Dana, OVO atau LinkAja.

Menentukan tujuan transfer penting karena akan menentukan langkah selanjutnya.

3. Cari Toko Online Jual Top Up, Isi Dompet Elektronik di Shopee

Setelah  itu , kita cari toko online di Shopee yang menawarkan jasa top up dompet elektronik yang kita inginkan. Misalnya, kita ingin cairkan ke LinkAja, maka kita cari toko online yang menawarkan jasa top up, isi saldo e-wallet LinkAja dan seterusnya.

4. Toko Online Harus Bisa Menerima Metode Pembayaran Shopee Paylater

Ini langkah berikut yang penting bahwa toko online yang menyediakan jasa top up tersebut harus bisa menerima pembayaran dalam bentuk Shopee Paylater.

Cara mengeceknya adalah melihat pada saat Checkout, apakah tersedia Metode Pembayaran Shopee PayLater. Kalau tersedia, kita bisa lanjut, sedangkan kalau tidak maka harus ganti toko dan cari toko online lagi.

5. Lakukan Pembelian di Toko Online untuk Jasa Top Up

Setelah ketemu toko online jasa top up ewallet yang bisa menerima metode pembayaran Paylater, kita bisa lanjut melakukan pembelian dan pembayaran dengan Shopee PayLater.

Biasanya, toko online akan menyediakan berbagai pilihan jumlah top up dan ada fee potongan untuk jasa tersebut

6. Tarik Dana dari E-Wallet

Setelah pembayaran dilakukan di Shopee dengan Paylater, saldo di dompet elektronik seperti LinkAja, GoPay, Dana atau OVO akan bertambah, lalu kita selanjutnya bisa mengambil atau mentransfer ke rekening bank untuk menarik dana tunai.

Apakah cara mencairkan Shopee Paylater dengan cara ini diizinkan oleh pihak Shopee ? Seharusnya tidak karena cara ini melanggar tujuan PayLater yang untuk pembayaran dengan belanja dan bukan untuk dana tunai.

Sejauh ini belum ada larangan dari pihak Shopee, jadi kemungkinan cara ini masih bisa. Namun tidak menutup kemungkinan hal ini akan tidak diperbolehkan di masa depan.

Kelebihan Shopee PayLaterKekurangan Shopee PayLater
Pengajuan Mudah, Online, Tanpa JaminanBunga yang besar. 
Cicilan Tanpa DP. Tidak Butuh Banyak Dokumen, Tidak Perlu Slip GajiPlafon pinjaman rendah
Tidak Harus Lolos BI Checking SLIK OjKTenor kredit pendek
Shopee PayLayter adalah pinjaman terpercaya yang sudah terdaftar, izin dan diawasi OJK. Keberadaannya legal dan resmi.Akses data pribadi di ponsel

Kelebihan Shopee PayLater

Dari pengalaman menggunakan, kami mengalami kelebihan Shopee PayLater adalah:

1. Pengajuan Mudah, Online, Tanpa Jaminan

Tidak perlu memberikan jaminan, pengguna Shopee PayLater bisa melakukan pengajuan cicilan dengan mudah, hanya dalam 2 klik saat belanja. Pastikan bahwa e-commerce telah bekerjasama dengan Shopee PayLater agar kemudahan ini bisa dinikmati. 

2. Cicilan Tanpa DP

Shopee PayLater benar-benar bisa diandalkan untuk pengguna yang membutuhkan barang untuk keperluan mendesak saat belum memiliki dana yang cukup untuk membelinya. 

Pengguna Shopee PayLater tidak perlu memberikan uang muka untuk menggunakan layanan paylater dari Shopee PayLater. Selain itu, limit cicilan pun juga terbilang tinggi, yaitu hingga 30 juta rupiah. 

3. Tidak Harus Lolos BI Checking SLIK OjK

Kabar baiknya, Shopee PayLater tidak serta merta menggunakan hasil dari BI Checking atau SLIK OJK untuk mengambil keputusan kredit. 

Shopee PayLater punya dua kemungkinan dalam hal BI Checking:

  • Mengecek hasil BI Checking / SLIK OJK, tapi tidak melandasi keputusan kredit pada hasil ini semata. Nasabah dengan hasil BI Checking buruk masih bisa disetujui oleh Shopee PayLater
  • Mengabaikan BI Checking / SLIK OJK karena menggunakan indikator analisa kredit yang lain.

Apakah dengan tidak tergantung pada hasil BI Checking SLIK OJK maka bisa dikatakan bahwa Shopee PayLater kurang berhati - hati ? Tidak juga.

Shopee PayLater adalah perusahaan fintech yang mengandalkan teknologi dalam melakukan analisa kredit. Mereka menggunakan alternatif credit scoring yang tidak hanya mengandalkan hasil histori kredit dari BI Checking SLIK OJK.

4. Tidak Butuh Banyak Dokumen, Tidak Perlu Slip Gaji

Pengajuan di pinjaman online seperti Shopee PayLater, tidak butuh dokumen slip gaji. Cukup menggunakan KTP.

Jadi, dengan modal KTP dan foto selfie, orang sudah bisa mengajukan di Shopee PayLater.

Jelas berbeda dengan proses pengajuan di Kredivo yang lebih rumit dengan banyak persyaratan dokumen.

Kekurangan Shopee PayLater

Sebelum menggunakan Shopee PayLater, inilah kekurangannya yang bisa menjadi pertimbangan.

1. Hanya Bisa Digunakan di Aplikasi Shopee

Shopee PayLater hanya bisa digunakan untuk cicilan belanja di aplikasi Shopee. Tidak bisa digunakan di tempat belanja lain.

Aksesnya menjadi terbatas.

2. Tidak Ada Dana Tunai

Shopee PayLater hanya bisa digunakan untuk membeli barang secara cicilan. Tidak bisa digunakan untuk pinjam dana tunai.

3. Hanya Tersedia untuk Akun Pilihan Shopee

Shopee PayLater hanya diberikan kepada akun pilihan di aplikasi Shopee. Pengguna tidak bisa mengajukan untuk mendapatkan fasilitas Shopee PayLater.

Shopee yang akan menentukan akun mana yang berhak mengajukan Shopee Paylater. Selanjutnya, nasabah terpilih tersebut, mengajukan Shopee Paylater dengan memenuhi syarat dan ketentuan yang telah ditentukan. 

Tanya Jawab Shopee Paylater SPaylater

  1. Bagaimana Cara Kerja Shopee Paylater

    Akun Shopee terpilih mendapatkan limit untuk belanja secara cicilan di Shopee

  2. Bagaimana jika tidak bayar Shopee PayLater
    1. Dikenakan biaya keterlambatan sebesar 5% per bulan dari seluruh total tagihan Anda.
    2. Pembatasan akses fungsi di aplikasi dan penggunaan Voucher Shopee.
    3. Peringkat kredit di SLIK (Sistem Layanan Informasi Keuangan) OJK yang dapat mencegah untuk mendapat pembiayaan dari Bank atau perusahaan lain.
    4. Dilaksanakannya penagihan lapangan.
  3. Kapan Tagihan Shopee Paylater akan muncul

    Bisa pilih tanggal jatuh tempo tagihan, tanggal 5, 11 daan 25 setiap bulannya.

  4. Berapa persen Bunga Shopee Paylater

    Bunga sebesar 2.95% dan mulai berlaku per tanggal 28 April 2020. Suku bunga ini dapat berubah sewaktu-waktu. Biaya penanganan 1% per transaksi jika membayar dengan SPayLater. Biaya denda 5%, apabila terjadi keterlambatan pembayaran.

SPaylater Cicilan Bayar Nanti

Shopee PayLater menambah alternatif cara pembayaran untuk berbelanja di e-commerce. Persyaratan yang tanpa kartu kredit membuat cicilan ini menjadi menarik buat para pengguna layanan e-commerce ini.

Namun, yang perlu diperhatikan adalah SPaylater bersifat undangan dan menerapkan bunga serta biaya yang cukup tinggi.

Semoga berguna!

Simak artikel lain soal Shopee - bunga SPinjam shopee pinjam, cara gestun shopee paylater, kode saham shopee untuk jual beli, cara bayar spaylater lewat dana, proteksi elektronik shopee

Bandingkan Pinjaman Online Terbaik !

Perbandingan berbagai pinjaman online terbaik bnerdasarkan berbagai faktor pilihan

Bagikan Melalui

Daftar Isi

Berlangganan Duwitmu

Komentar (0 Komentar)

Tulis Komentar - Balasan untuk Tito Shadam

Email Anda tidak akan di publish

Batalkan Membalas

Captcha Wajib Diisi

Artikel Terkait